Kamis, 26 Mei 2022

TBJ Bakal Jadi Oase Ditengah Situasi Anomali 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebuah kegiatan seni di Taman Budaya Jawa Timur. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Berbagai kegiatan budaya dan kesenian khususnya tradisional yang selama ini digelar Taman Budaya Jawa Timur (TBJ), diharapkan bakal menjadi penyejuk atau oase ditengah anomali situasi yang diprediksi terjadi di tahun 2019.

“Konon kabarnya tahun 2019 nanti merupakan tahun anomali karena berbagai aktivitas politik di skala lokal maupun nasional digelar di tingkat provinsi hingga nasional. Kami berharap berbagai kegiatan di TBJ di tahun 2019 jadi penyejuk,” terang Sukatno Kepala UTP TBJ.

Di tahun 2018, lanjut Sukatno berbagai kegiatan seni budaya tradisi dihelat di TBJ. Mulai dari pentas pertunjukan, pameran, hingga workshop digelar dan menghadirkan sejumlah seniman ditingkat lokal maupun nasional.

Kerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi juga sudah dilakukan, agar penampilan atau pelaksanaan berbagai bentuk kesenian tersebut tidak asal-asalan.


Pentas seni budaya utamanya tradisional jadi bagian agenda kegiatan TBJ. Foto; Totok/Dok. suarasurabaya.net

“Bersama berbagai kalangan kerjasama juga sudah kami lakukan. Selain dari kalangan seniman sendiri, kami juga menggandeng kampus atau perguruan tinggi. Harapannya bentuk-bentuk kesenian yang kami tampilkan diharapkan tidak sekedar memenuhi jadwal saja. Harus estetis dan bernilai,” lanjut Sukatno.

Oleh karena itu, di tahun 2019 Sukatno berharap berbagai aktivitas berkesenian di TBJ tetap berlandaskan upaya menjaga dan melestarikan seni budaya utamanya seni tradisional Nusantara.

“Kami tetap mengajak masyarakat untuk menjadikan TBJ sebagai satu diantara tempat yang memberikan kedamaian dan kesejukan bagaikan oase di tengah situasi masyarakat yang terus bergerak. Pun demikian nanti di tahun 2019 kami tetap hadirkan program-program yang beradab, berestetika, dan menyejukkan,” pungkas Sukatno, Rabu (2/1/2019).(tok/dim)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 26 Mei 2022
26o
Kurs