Sabtu, 27 April 2024

Unair Gelar Diskusi Pilkada 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Prof. Moh. Nasih Rektor Unair. Foto: Humas Unair

Merujuk pada sistem demokrasi, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menampung aspirasi masyarakat dalam rangka membahas idealnya seorang pemimpin daerah. Untuk itu, Unair menawarkan gagasan mewujudkan pemimpin daerah yang ideal melalui sebuah diskusi pakar.

Prof Moh Nasih Rektor Unair Surabaya mengatakan, ada dua hal yang melatarbelakangi digelarnya diskusi pakar tersebut. Pertama, maraknya konflik politik yang belakangan banyak terjadi. Kedua, tahun 2020 masyarakat Indonesia akan melangsungkan pemilihan kepada daerah yang melibatkan 270 pilihan bupati dan walikota.

“Maka Unair sebagai sumber pengetahuan termasuk pengetahuan soal demokrasi, berkewajiban untuk ikut terlibat dengan memberikan pengetahuan yang ideal,” ujarnya berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Dalam gelar pakar itu, Rektor Unair juga mengundang serta para akademisi, politisi, aktivis, budayawan, dan media untuk saling menyampaikan pandangan. Bagaimana tantangan dan tuntutan para calon kepala daerah di tengah era disrupsi seperti saat ini.

“Kami juga ingin mengajak pada para politisi, aktivis, dan media untuk mendiskusikan hal itu di Unair,” katanya.

Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga sebagai pihak yang ditunjuk mengelola acara telah menyiapkan nama-nama pakar Unair. Mereka adalah para pakar di berbagai bidangnya masing-masing. Ada dari bidang sosial, ekonomi, politik, kesehatan, serta budaya. Mereka bakal memberikan sumbangsih pemikiran untuk membahas idealnya seorang kepala daerah.

Selain banyak pakar di banyak bidang yang diundang, Unair juga mengundang Choirul Anam Ketua KPU Jawa Timur sebagai narasumber, Abdul Rokhim Pemimpin Redaksi Jawa Pos dan Ainur Rohim Ketua PWI Jawa Timur.

Diskusi bertemakan “Tantangan dan Tuntutan Calon Kepala Daerah di Era Disrupsi” ini akan dilangsungkan pada Rabu (4/9/2019) di Aula Amerta, Kantor Manajemen Kampus C Unair, pukul 12.00-16.00.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs