Senin, 20 Mei 2024

Usai Aksi May Day di Monas, Massa Buruh Membubarkan Diri dengan Tertib

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa buruh peserta aksi May Day 2019 menyalakan petasan dan bom asap sebelum membubarkan diri, Rabu (1/5/2019), di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Ribuan buruh dari berbagai organisasi dan daerah, hari ini, Rabu (1/5/2019), berkumpul di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka menyampaikan keluhannya kepada pemerintah, bertepatan dengan perayaan Hari Buruh Internasional (May Day).

Pantauan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, aksi unjuk rasa terpusat di sekitaran Patung Kuda, seberang Gedung Indosat.

Sesudah berunjuk rasa dari Rabu (1/5/2019) siang, para buruh membubarkan diri dengan tertib sekitar pukul 17.10 WIB.

Banyak dari mereka yang beriringan masuk ke dalam bus rombongan, dan tidak sedikit yang menggunakan kendaraan pribadi roda dua mau pun roda empat, sambil membawa atribut seperti bendera organisasi buruh.

Sebelum menyudahi aksinya, kelompok buruh menyampaikan pernyataan sikap bersama.

Isi dari pernyataan sikap bersama itu antara lain, meminta Pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dan menghapus praktik alih daya (outsourching).

Sebagai penanda berakhirnya aksi peringatan May Day 2019 di kawasan Monas, para buruh menyalakan petasan yang terlontar dan meledak di udara, serta bom asap warna-warni.

Sepanjang pantauan dari Rabu siang sampai sore, aksi peringatan May Day di kawasan Monas berlangsung tertib dan kondusif.

Meski banyak orasi yang mengkritik pemerintah, aksi tetap berlangsung dan tidak ada upaya pembubaran atau bentrokan fisik antara buruh dengan aparat keamanan.(rid/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs