Jumat, 3 Februari 2023

Atlet Selam Jatim yang Pulang dari Tiongkok Dinyatakan Sehat

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Tim Dokter yang berjaga bergantian di Ruang Isolasi Khusus RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (27/1/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Atlet selam Jawa Timur yang baru saja pulang dari Xiamen, Tiongkok dinyatakan sehat dan tidak tertular virus corona berdasarkan pemeriksaan rumah sakit. Andi Lukito Pengurus Olahraga Selam Jatim menyatakan, pemeriksaan dilaksanakan dalam beberapa gelombang.

Empat orang diperiksa hari ini, Sabtu (1/2/2020) di RSUD Dr. Soetomo, enam orang lebih dulu diperiksa di rumah sakit sama pada Kamis (30/1/2020) dan dua orang diperiksa di RSAD Gatot Soebroto, Jakarta. Semua atlet selam yang pulang tersebut dinyatakan tidak tertular virus corona.

“Itu (pemeriksaan di Rumah Sakit, red) memang salah satu upaya KONI Jatim untuk pengamanan atlet-atlet yang kita tarik dari China. Semua atlet. Beberapa waktu lalu, Wushu, Loncat Indah, Senam, dan lain-lain,” ujarnya pada Sabtu (1/2/2020).

Meski dinyatakan sehat, sebagai upaya antisipasi, pihak rumah sakit meminta agar para atlet ini tidak beraktivitas di luar rumah terlebih dahulu selama 14 hari.

“Kalau ada apa, keluhan apa, sudah menerima semacam kartu, disitu ada panduan, kalu sakit kemana kemana, sudah ada. Selama disini, tidak ada aktivitas di luar rumah. Permintaan dari hasil screening,” katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini sudah tidak ada lagi atlet KONI Jatim yang berada di pusat latihan China.(bas/tin/iss)

Berita Terkait