Jumat, 26 April 2024

Pengembang di Surabaya Barat Minta Pemkot Segera Realisasikan Radial Road

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Capture perencanaan Jalan Radial Road. Foto: Bappeko Surabaya.

Pengembang di Surabaya Barat meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera merealisasikan pembangunan Radial Road di kawasan tersebut.

Radial Road sendiri direncanakan akan membentang mulai dari bundaran Mayjen Yono Suwoyo atau bundaran PTC mengarah ke barat terkoneksi Jalan Citraland ke Kantor Konjen Amerika menerus hingga JLLB.

Nada Putri City Manager Citraland Surabaya mengatakan, Radial Road adalah solusi untuk mengurai kemacetan di daerah barat Surabaya. Sebab, selama ini akses pengguna jalan hanya bertumpu pada jalan Lontar, Lakarsantri, dan Citra Raya Unesa. Lingkungan di sekitar jalan tersebut sudah terlalu padat sehingga pelebaran jalan menjadi hampir mustahil.

“Padahal jalan-jalan semua ini, mungkin belum optimal. Jalan Lontar juga kecil. Lakarsantri Wiyung itu kecil. Pemkot, harapannya bisa segera merealisasikan Radial Road itu, jadi alternatif lain jalan yang bisa ditempuh masyarakat Surabaya Barat khususnya. Yang sekarang belum terealisasi sempurna,” ujar Nada pada suarasurabaya.net.

Di sisi lain, saat ini Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya masih terus mematangkan rencana pembangunan Radial Road dan juga proyek lain bernama Jalan Lingkar Dalam Barat (JLDB) untuk mengurangi kemacetan di koridor Utara-Selatan di Surabaya barat.

Andy Prihandoko Kabid Sarana dan Prasarana Wilayah, Bappeko Surabaya mengatakan, dua jalan tersebut merupakan alternatif pemecah kepadatan untuk menopang volume di Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB).

Andy memastikan tahun ini proyek Radial Road akan memasuki proses pengadaan tanah. Ada beberapa pemilik persil di kawasan Lontar Kecamatan Sambikerep yang akan dibebaskan pemkot tahun ini.

“Ada beberapa lahan yang tidak dimiliki pemkot harus pembebasan. Radial Road sedang berproses pengajuan penentuan lokasi pengadaan tanah,” kata Andy.

Nada mengatakan, pihak Citraland memiliki komitmen untuk membantu pemerintah segera merealisaaikan pengerjaan Radial Road dan beberapa proyek jalan di Surabaya Barat seperti JLDB dan JLLB.

“Tinggal bagaimana pihak lain,” katanya.

Sebagai informasi, ada tiga proyek jalan yang sedang berlangsung di Surabaya Barat, yaitu JLLB, JLDB, dan Radial Road. Ketiganya merupakan proyek jalan yang berdasar pada Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 12 tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. Tiga jalan baru itu sama-sama memiliki lebar 55 meter.(bas/bid/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs