Selasa, 30 November 2021

Awak Bus Wajib Sehat, Bus Wajib Disemprot Disinfektan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas Dishub tetap memantau kondisi lingkungan terminal Purabaya meskipun tidka ada aktivitas saat PSBB ini. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meskipun hingga Senin (8/6/2020) terminal Purabaya belum beroperasi, sejumlah protokol kesehatan telah disusun untuk awak bus dan armada bus.

Sederet protokol kesehatan telah disusun saat operasionalisasi terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, kembali dilakukan, meskipun sampai Senin (8/6/2020) terminal masih senyap. Masih tutup.

Imam Hidayat Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo membenarkan bahwa protokol kesehatan yang diwajibkan tersebut wajib dipatuhi oleh seluruh awak Bus dan armada Bus yang berada di terminal Purabaya.

“Awak bus mulai dari sopir, kondektur wajib sehat, harus dibuktikan dengan surat sehat. Pakai masker, seluruhnya. Juga mewajibkan armada bus yang akan berangkat sudah disemprot dengan disinfektan. Ini wajib dipatuhi seluruh armada bus, ” terang Imam.

Pemeriksaan secara rutin terkait dengan protokol kesehatan tersebut dilaksanakan sebelum Bus berangkat mengangkut penumpang dari dalam terminal Purabaya.

“Termasuk untuk penyemprotan bus juga harus dilakukan di terminal sebelum berangkat. Penyemprotan disinfektan wajib dilakukan sebelum berangkat. Tidak ada alasan armada bus sudah disemprot di garasi. Karena itu penyemprotan dilakukan sebelum berangkat,” tegas Imam.

Selain mewajibkan armada bus dan awak bus mematuhi beberapa hal terkait protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, armada bus juga wajib menerapkan physical distan cing. Seperti misalnya membuat penumpang antara satu dan lainnya berjarak di dalam bus. Tidak boleh ada penumpang berdesak-desakan didalam bus.

Sementara itu, meskipun Senin (8/6/2020) merupakan hari terakhir pelaksanaan penerapan sosial berskala besar (PBB) tapi terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo belum terlihat aktivitas.

“Kami masih menunggu instruksi pimpinan terkait dengan operasionalisasi kembali terminal Purabaya. Yang pasti di internal kami telah mempersiapkan beberapa hal terkait rencana operasionalisasi kembali terminal setelah penutupan selama ini, ” pungkas Imam.

Pantauan di terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Senin (8/6/2020) masih sepi tanpa terlihat aktivitas keluar masuk armada bus. (tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs