Rabu, 19 Januari 2022

Hari ke 9 PSBB, Terminal Purabaya Tanpa Aktivitas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas Dishub melakukan patroli dan pemeriksaan di lokasi dalam terminal Purabaya, Bungurasih yang lengang di hari ke 9 PSBB. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memasuki hari ke 9 pelaksanaan PSBB, Rabu (6/5/2020) terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo nyaris tanpa aktivitas sama sekali. Tidak ada armada bus keluar masuk terminal.

Bertepatan dengan hari ke 9 pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Rabu (6/5/2020), pantauan di terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo nyaris tidak ada aktivitas sama sekali. Tidak terlihat armada bus keluar dan masuk ke terminal.

Akses masuk dan keluar bus yang biasanya ramai dan padat, hari ini lengang. Sederet water barrier berwarna oranye menutup akes masuk atau kedatangan armada bus dari arah luar kota.

Demikian juga di akses keluar armada bus yang biasanya diwarnai deretan warga masyarakat yang ingin bepergian tanpa masuk terminal, kali ini tidak terlihat. Water barrier juga menutup akses keluar armada bus dibawah gapura besar bertuliskan Terminal Purabaya.

Di dalam lingkungan terminal, Rabu (6/5/2020) hanya terlihat beberapa orang petugas Dishub berjaga-jaga. Deretan toko dan penjual makanan yang menghiasi bagian lorong menuju lobby terminal juga terlihat tutup.

Sesekali didalam lingkungan terminal itu beberapa orang petugas berseragam Dinas Perhubungan (Dishub) terlihat berboncengan sepeda motor berkeliling lokasi antrian armada bus dan lokasi pemberangkatan bus. Guna memantau situasi dan kondisi dikawasan tersebut.

Demikian juga di lokasi antrian armada bus, Rabu (6/5/2020) tidak lagi terlihat aktivitas sejumlah orang yang menawarkan atau menunjukkan tujuan armada bus kepada calon penumpang yang datang.

Tidak juga terlihat lalu lalang warga masyarakat yang mencari armada bus sesuai tujuan yang akan mereka tuju ke luar kota Surabaya maupun keluar provinsi Jawa Timur. Lantaran sejak pemberlakuan PSBB, tidak ada lagi armada bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP) yang boleh beroperasi.

“Seak awal pemberlakuan PSBB, terminal Purabaya sudah menghentikan operaisonalisasi seluruh armada bus. Untuk bus AKDP maupun AKAP semuanya berhenti beroperasi, karena ada larangan mudik. Jadi situasi terminal memang sepi, lengang dan nyaris tidak ada aktivitas, warung-warung didalam lingkungan terminal juga tutup,” terang Imam Hidayat Kepala Sub Unit (Kasubnit) terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

Meskipun nyaris tanpa aktivitas, lanjut Imam, pihaknya tetap mensiagakan sejumlah petugas dibantu unsur Polisi dan TNI, Satpol PP serta Linmas menjaga keamanan lingkungan terminal. “Keamanan tetap jadi perhatian kami. Karena seluruh akses masuk ke dalam terminal ditutup dalam rangka pelaksanaan PSBB ini,” tegas Imam Hidayat.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
24o
Kurs