Senin, 24 Januari 2022

Masih Ditutup, Masyarakat Tanyakan Pembukaan Kembali Terminal Purabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Terminal Purabaya masih tutup, dalam rangka pelaksanaan PSBB. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sampai hari ke-10 pelaksanaan PSBB, Jumat (8/5/2020) terminal Purabaya masih tutup tanpa operasional. Sejak pagi masyarakat berdatangan untuk menanyakan pembukaan kembali.

Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, sampai dengan hari ke-10 pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), masih tutup dan hentikan operasional. Warga masyarakat, Jumat (8/5/2020) berdatangan untuk menanyakan pembukaan kembali terminal.

“Kemarin beritanya kan terminal, stasiun, bandara dibuka lagi. Angkutan boleh beroperasi lagi. Makanya kita datang, ada keluarga yang mau balik ke Jawa Tengah soalnya. Tempat tinggalnya di Jawa Tengah, mau balik. Ternyata terminal Purabaya masih tutup, dan katanya tidak ada informasi dibuka,” ujar Sutopo warga Kureksari, Waru.

Supadmi warga Rungkut juga menanyakan hal yang sama, terkait beredarnya kabar bahwa pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk bepergian ke luar kota menggunakan angkutan umum, dan itu berarti terminal sudah dibuka kembali.

“Kok terminal Purabaya malah tidak ada kabar itu. Ini terminalnya masih tutup. Sama kayak kemarin-kemarin juga masih tutup. Terus kabar katanya boleh mudik itu berarti hoax? Buktinya terminal masih tutup kok. Purabaya ini malah sampai selesai PSBB baru buka. Berarti mudik juga masih belum boleh ya?” tanya Supadmi.

Di dekat akses masuk terminal Purabaya di jalur kedatangan bus yang masih ditutup dengan water barrier, Agus warga Dinoyo bersama sejumlah temannya yang akan menuju Ponorogo melalui terminal Purabaya, mengaku balik ke kontrakan lantaran terminal Purabaya masih ditutup.

“Tujuannya pulang ke Ponorogo. Tadi malam ada informasi terminal Purabaya buka lagi, soale angkutan katanya sudah boleh operasional. Makanya kita langsung ke terminal Purabaya. Sampai sini ternyata terminal masih tutup. Dan katanya bapak yang jaga tadi, terminal memang masih tutup dalam rangka PSBB, dan belum ada kabar kapan dibuka lagi,” ujar Agus.

Sampai menjelang pukul 13.00, Jumat (8/5/2020) terminal Purabaya masih tertutup. Tidak ada tanda-tanda aktivitas didalam terminal.

Imam Hidayat Kasubnit Terminal Purabaya saat di hubungi melalui whatsapp chat menyampaikan bahwa terminal masih menjalankan PSBB. Tidak ada kabar terkait pembukaan kembali atau operasionalisasi kembali terminal Purabaya di masa pelaksanaan PSBB.

“Belum ada perintah atau pemberitahuan tentang pembukaan, terminal Purabaya masih tutup,” tegas Imam Hidayat.

Di akses jalur keberangkatan terminal Purabaya, Jumat (8/5/2020) seperti hari-hari sebelumnya saat pelaksanaan PSBB, juga masih tertutup. Selain water barrier yang menutup akses jalan, petugas juga memasang tali sehingga mobil atau bus tidak dapat melintas.(tok/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Senin, 24 Januari 2022
32o
Kurs