Jumat, 10 Mei 2024

Bagi Sembako, Keprihatinan ISEI Surabaya untuk Warga Terdampak Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anggota ISEI cabang Surabaya bagikan sembako untuk tukang becak. Foto: Humas STIE Perbanas

Bentuk keprihatinan ISEI Surabaya pada warga masyarakat terdampak Covid-19 serta penerapan PSBB mulai 26 Mei sampai 8 Juni 2020, yang berdampak pada sektor perekonomian, diwujudkan dengan berbagi sembako dan masker.

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) cabang Surabaya tergerak melakukan aksi sosial dengan cara memberikan bantuan kepada warga di lingkungan Kota Surabaya yang terdampak perekonomiannya akibat pandemi Covid-19 dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lanjutan.

Dr. Drs. Ec. Soni Harsono, M.Si., Sekretaris Umum ISEI Cabang Surabaya, menyampaikan bahwa kegiatan aksi sosial kali ini sebagai satu diantara bentuk kepedulian organisasi kepada warga yang terdampak Covid-19.

Kepedulian diwujudkan dengan pembagian sembako dan masker pada sejumlah warga masyarakat, diantaranya untuk tukang becak dan pemulung. “Kegiatan pembagian sembako ini diberikan kepada para tukang becak, pemulung dan para petugas kebersihan jalan raya di beberapa kawasan di Kota Surabaya,” terang Soni, Selasa (26/5/2020).

Selain membagikan sembako, ISEI cabang Surabaya juga membagikan sekurangnya 5.250 buah masker kepada berbagai kalangan diantaranya para pahlawan ekonomi seperti para pedagang di Pasar Mangga Dua, Pasar Karah, Pasar Pacarkeling, Pasar Wiguna, Pasar Medokan Sawah Kosagra, Wonorejo, Soponyono, Wedoro Klurak, dan Bligo Candi Sidoarjo.

“Masker kami beli dari pengrajin di Tanggulangin yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19. Sedangkan sumber dana dari aksi sosial untuk membeli dan membagikan masker serta sembako merupakan donasi dari para pengurus serta anggota ISEI Cabang Surabaya,” tambah Soni.

Soni menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut serta berpartisipasi memberikan dukungan pada kegiatan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19, termasuk juga kepada segenap pengurus dna anggota ISEI cabang Surabaya.

“Kami berharap agar aksi ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang di saat seperti ini, ketika terjadi pandemi Covid-19 memang membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat luas, dan menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk ikut membantu,” tegas Soni yang juga Wakil Ketua IV Bidang Kerjasama, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat STIE Perbanas Surabaya.

ISEI cabang Surabaya sendiri, lanjut Soni, selain menggelar aksi sosial juga telah menggelar webinar dengan topik Dampak dan Recovery Perekonomian Jawa Timur Masa Covid-19, yang menghadirkan nara sumber Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, dan Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE., Pengurus ISEI Surabaya, serta diikuti sekurangnya 200 peserta. Mulai dari anggota ISEI, akademisi, dan masyarakat umum.

Sementara itu ditambahkan Dr. Eko Purwanto S.E, M.Si., Ketua Umum ISEI cabang Surabaya, bahwa bentuk respon ISEI terhadap pandemi Covid-19, ISEI cabang Surabaya melakukan beberapa kegiatan, diantaranya merencanakan membuat rekomendasi kepada pemerintah daerah tentang kebijakan dan strategi recovery perekonomian Jawa Timur saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19.

“Tentunya rekomendasi tersebut dengan mempertimbangkan satu diantaranya dari hasil webinar yang pernah digelar ISEI Surabaya ditambah dengan hasil dari focus group discussion bersama banyak pihak diantaranya adalah para pelaku usaha dari berbagai sektor yang ada,” pungkas Eko Purwanto.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs