Jumat, 26 April 2024

Bandara Juanda Jalankan Protokol Kesehatan di Tengah Penerbangan Terbatas Jelang Lebaran

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Layanan pemeriksaan kesehatan yang ada di Bandara Juanda Surabaya. Foto: Istimewa

Bandara Internasional Juanda menjalankan protokol kesehatan di tengah layanan penerbangan operasional terbatas mencegah penyebaran Covid-19 jelang lebaran 2020.

“Penyemprotan cairan disinfektan rutin dilakukan setiap hari setelah jam operasional bandara. Penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap seluruh sarana dan fasilitas yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa kebandarudaraan,” ujar Heru Prasetyo General Manager Bandara Internasional Juanda.

Fasilitas yang menjadi sasaran penyemprotan diantaranya adalah area check in, troli, toilet, lift, area conveyor, dan seluruh fasilitas di ruang tunggu maupun di area terminal kedatangan yang biasa disentuh oleh penumpang.

Heru menambahkan, di tengah pelaksanaan operasional penerbangan terbatas ini, Bandara Juanda terus menjalankan prosedur pelayanan seperti diatur dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami juga telah mengaktifkan posko terpadu bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, dan maskapai guna memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda,” tambahnya.

Penumpang yang tiba di Bandara Internasional Juanda juga dicek kembali kelengkapan dokumennya dan pengecekan suhu tubuh pada pintu kedatangan.

Selain itu para penumpang juga diminta untuk menyerahkan kartu kewaspadaan kesehatan (health alert card/HAC) yang telah diisi kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya. Health alert card adalah salah satu cara untuk melakukan tracking kesehatan penumpang di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Kami terus melakukan edukasi kepada seluruh pengguna jasa bandar udara untuk menjalankan physical distancing di area pelayanan publik di bandara, baik Terminal 1 (T1) maupun Terminal 2 (T2), melalui TV digital, banner, dan seluruh saluran media sosial Bandar Udara Internasional Juanda,” jelasnya.

Ia mengimbau, agar seluruh penumpang tetap displin dalam mengikuti aturan yang dijalankan Bandara Internasional Juanda agar mampu mencegah penularan Covid-19. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs