Kamis, 25 Juli 2024

Begini Keceriaan Masyarakat saat Panen di Tengah Wabah Corona

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Anggota KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Guyub Makmur di Dusun Rebono, Kecamanatan Wonorejo, Pasuruan, Jawa Timur berhasil memanen 6.706 kg padi basah. Foto: Istimewa

KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Guyub Makmur di Dusun Rebono, Kecamanatan Wonorejo, Pasuruan, Jawa Timur berhasil memanen 6.706 kg padi basah, dari tanah para anggota tersebut jumlahnya kurang lebih 10.200m2, pada hari Rabu 22 April 2020. Panen dituai setelah petani menunggu selama 4 bulan.

Sandor ketua kelompok mengatakan bahwa seluruh anggota yang terdiri dari 5 masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani akhirnya menuai hasil dari lahan mereka.

“Pak Sondor, Pak Ridwan, Mas Fathur, Pak Zenim, Pak Samsul Arifin adalah mereka kini bahagia meski ditengah wabah Corona, lahan yang digunakan untuk bercocok tanam hasil dari program “Infaq Jariyah Produktif Laznas Lembaga Manajemen Infaq (LMI)” yang bekerja sama dengan LAZ Indonesia Power Lekok Pasuruan berhasil tumbuh,” ujarnya.

“Sungguh hasil yang luar biasa dari espektasi para anggota yang semula diperkirakan sejumlah kurang lebih 5,5 ton,” tambahnya.

Di lain sisi, kesadaran terhadap berbagi kebaikan serta kewajiban sebagai seorang muslim yang baik mereka tunaikan dengan langsung memotong 10% dari hasil panen masing-masing.

“Setiap anggota, mereka berharap dari hasil zakat yang mereka keluarkan dapat membantu masyarakat lain yang tengah menghadapi masa sulit di tengah wabah Corona ini,” tandasnya.

Hasil panen tersebut sebagian besar mereka simpan masing-masing untuk digunakan sebagai konsumsi serta sebagai bentuk untuk mewujudkan ketahanan masyarakat secara mandiri.

“Kami dan seluruh anggota menyampaikan banyak terimakasih kepada LMI dan LAZ Indonesia Power yang telah membantu terwujudkan masyarakat yang berdaya sekaligus mendukung ketahanan pangan yang mandiri di dusun Rebono ini,” pungkasnya.(tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs