Kamis, 28 Maret 2024

BKKBN Jatim Minta Masyarakat Tunda Kehamilan Sampai Pandemi Covid-19 Selesai

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sukaryo Teguh Santoso Kepala BKKBN Jawa Timur. Foto: Dok/Baskoro suarasurabaya.net
BKKBN  Jawa Timur minta agar masyarakat menunda kehamilan sampai Pandemi Covid-19 selesai. Sukaryo Teguh Santoso Kepala BKKBN Jatim mengatakan, selama beberapa bulan terakhir, angka Drop Out KB (Putus KB) cukup tinggi di Jawa Timur.”Harus diwaspadai. Jangan sampai dengan drop out KB yasng naik signifikan ini, akan diikuti dengan kenaikan kehamilan. Terutama kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, stratagi yang kita lakukan di lapangan adalah kita sepakat kampanye KB di masa Pandemi ini adalah jangan sampai putus KB dan tunda kehamilan sampai pandemi selesai,” ujarnya pada Kamis (4/6/2020).

Selain itu, bagi perempuan yang sedang hamil di masa pandemi, ia meminta agar mereka menjaga betul kehamilan dan kondisi kesehatan sang ibu. Sebab, kondisi kesehatan ibu saat hamil cenderung turun dan rawan terinfeksi virus.

“Yang sudah hamil, tentu saja dijaga kandungannya, gizi (dicukupi) agar sehat begitu,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari bidan-bidan di daerah sampai tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk mengimbau masyarakat agar mematuhi kebijakan pemerintah selama masa pandemi.

Penyuluhan KB saat ini juga disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan lebih memanfaatkan teknologi.

“Selain itu juga menyiapkan alat dan obat kontrasepsi sampai ke faskes-faskes,” tambahnya.

Sebagai informasi, angka putus KB di Jawa Timur melonjak di angka mengkhawatirkan. Pada bulan Maret, angka putus KB sebesar 278.356 orang atau kurang lebih 4,6 persen akseptor.

Sementara pada bulan April di mana kebijakan penanganan Covid-19 lebih ketat, angka DO KB berada di angka 414.708 atau 7,07 persen. Naik 3 persen dari angka di bulan lalu. Padahal, jika melihat data bulan Februari 2020, jumlah DO KB hanya 68.547 orang atau hanya 1,3 persen. (bas/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs