Jumat, 26 April 2024

Boy Rafli Amar Resmi Menjabat Kepala BNPT

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Foto : Farid suarasurabaya.net

Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, mulai hari ini, Rabu (6/5/2020), resmi menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Joko Widodo Presiden melantik Boy Rafli Amar dalam upacara yang berlangsung pagi hari ini di Istana Negara, Jakarta.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2010 tentang BNPT, Kepala BNPT diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.

Penugasan Boy itu tertulis dalam Keputusan Presiden RI Nomor 86/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan BNPT.

Karena masih dalam suasana tanggap darurat wabah Covid-19, prosesi pelantikan dilaksanakan dengan singkat, dan cuma dihadiri sekitar 15 orang pejabat dari unsur eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Sebelum masuk area Istana Kepresidenan, semua tamu undangan wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh, dan pemeriksaan cepat (rapid test).

Presiden, menteri, dan pimpinan lembaga negara yang hadir juga memakai masker, serta menjaga jarak sesuai prosedur jaga jarak sosial dan fisik.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada masyarakat, nusa, dan bangsa. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” ucap Boy Rafli Amar.

Sesudah prosesi pengucapan sumpah jabatan Kepala BNPT, Jokowi Presiden, menteri dan para undangan bergantian memberikan ucapan selamat tanpa bersentuhan fisik, dari jarak sekitar dua meter.

Sekadar informasi, Boy menjadi Kepala BNPT menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Boy Rafli Amar adalah perwira tinggi Polri yang pernah menempati sejumlah posisi strategis, antara lain Kepala Divisi Humas Polri, Kapolda Papua, dan Wakil Kepala Lemdiklat Polri.

Dengan tugas barunya, Boy Rafli mendapat promosi kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal Polisi.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs