Kamis, 25 April 2024

Calon Menteri dan Wakil Menteri Pengganti di Kabinet Indonesia Maju Gladi Resik Pelantikan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Ma'ruf Amin Wakil Presiden mengenalkan calon menteri pengganti dalam Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Enam orang menteri dan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, pagi hari ini, Rabu (23/12/2020), akan mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Joko Widodo Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden.

Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Sedangkan yang akan menjadi wakil menteri antara lain Pahala Mansury (Wamen BUMN), Letjen TNI Muhammad Herindra (Wamen Pertahanan), Edward Komar Syarif Hariez (Wamen Hukum dan HAM), Dante Saksono Harbuwono (Wamen Kesehatan), dan Harfiq Husnul Qolbi (Wamen Pertanian).

Para menteri dan wakil menteri tersebut akan menjalankan tugas di sisa masa jabatan 2019-2024.

Prosesi pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, pukul 09.30 WIB, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Pantauan di Istana Kepresidenan Jakarta, pukul 07.30 WIB, persiapan pelantikan dilakukan secara tertutup.

Akses masuk ke Istana Negara, tempat pelantikan sangat terbatas. Cuma pejabat negara dan undangan yang bisa masuk sesudah menjalani tes kesehatan.

Berdasarkan data, total ada 27 orang undangan yang mendapat akses masuk Istana Negara.

Wartawan yang meliput pelantikan juga tidak bisa masuk ke Istana Negara. Hanya bisa memantau dari ruang wartawan Istana Kepresidenan Jakarta.

Setiap orang yang masuk area Istana Kepresidenan harus menunjukkan bukti pemeriksaan kesehatan, seperti surat keterangan rapid test atau swab test, kepada anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, prosesi gladi resik pelantikan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB.

Selain melantik Menteri dan Wakil Menteri, Jokowi Presiden juga akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Irjen Pol Petrus Reinhard Golose akan menjabat Kepala BNN. Sedangkan Hartono Prawiraatmaja akan menjadi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Seperti diketahui, kemarin, Selasa (22/12/2020), Jokowi Presiden mengumumkan perombakan (reshuffle) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Perombakan itu dilakukan supaya kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa lebih baik lagi di sisa masa jabatan sampai 2024 mendatang.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs