Minggu, 12 Juli 2020

Data Pengguna Akun Twitter Bisnis Sempat Bocor

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter. Foto: Bloomberg

Data sejumlah pengguna akun bisnis di Twitter sempat terekspos, platform mikrobolog itu membenarkan kejadian tersebut.

“Kami mengetahui ada kejadian ketika Anda melihat informasi tagihan di ads.twitter.com atau analytics.twitter.com, informasi tagihan mungkin tersimpan di ‘cache’ peramban,” kata Laura Pacas juru bicara Twitter, dikutip dari laman TechCrunch yang dilansir Antara, Kamis (25/6/2020).

Informasi yang bocor tersebut termasuk alamat email bisnis pengguna, nomor telepon dan empat digit terakhir nomor kartu kredit yang digunakan akun tersebut.

Data diduga tersimpan di “cacher” peramban (browser) dan ada kemungkinan dapat dilihat orang lain, terutama jika pengguna menggunakan komputer secara bergantian.

Kepada para pengguna, Twitter menyatakan masalah tersebut ditemukan pada 20 Mei lalu, setelah mereka mengumumkan ada bug yang menyimpan data pengguna, antara lain pesan di Direct Messages, di “cache” peramban Firefox.

“Segera setelah kami menemukan kejadian ini, kami mengatasi masalah tersebut dan berkomunikasi dengan klien yang terdampak untuk memastikan mereka mengetahui kejadian ini dan memahami bagaimana melindungi diri”.

Kejadian ini menambah daftar masalah keamanan yang pernah terjadi di Twitter. Tahun lalu mereka menemukan bug yang bisa digunakan untuk menemukan nomor telepon yang berhubungan dengan akun Twitter.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Mobil Masuk Sungai di Kaliwaron

Mobil Tabrak Pohon

Jangan Sembarangan Main Layang-Layang, Guys

Surabaya
Minggu, 12 Juli 2020
32o
Kurs