Minggu, 29 Mei 2022

Di Purabaya, Calon Penumpang Bus Dicegat Tim Pemeriksa Suhu Tubuh

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
purabaya Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan kepada calon penumpang di terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo. Foto: Totok suarasurabaya.net

Calon penumpang bus di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Selasa (10/3/2020) dicegat tim pemeriksa suhu tubuh sebelum naik bus.

Menangkal sekaligus mendeteksi penyebaran virus Corona, setiap calon penumpang bus di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Selasa (10/3/2020) dipastikan bakal dicegat tim pemeriksa suhu tubuh.

Calon penumpang yang hadir dan datang melalui lobby Terminal Purabaya, langsung dihentikan petugas, yang sebelumnya meminta maaf akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh mereka satu persatu.

“Mohon maaf bapak ibu, izinkan kami memeriksa suhu tubuh Anda,” ujar petugas sejenak kemudian sambil memajukan scanner pemeriksa suhu tubuh yang dipegang ke hadapan wajah atau bagian depan kepala calon penumpang bus.

Setelah itu petugas mempersilahkan calon penumpang masuk menuju tangga berjalan atau tangga penghubung ke lantai dua Terminal Purabaya yang merupakan sarana penghubung menuju masing-masing bus sesuai tujuan kota yang berada di bawah.

Imam Hidayat Kepala Sub Unit (Kasubnit) Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo menyampaikan bahwa pemeriksaan suhu tubuh kepada para calon penumpang bus tersebut merupakan satu diantara upaya pendeteksian kondisi kesehatan calon penumpang, ditengah maraknya virus Corona.

“Kami melaksanakan tugas pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang yang akan bepergian menggunakan armada bus melalui Terminal Purabaya. Maraknya penyebaran virus Corona menjadi bagian penting kegiatan pemeriksaan suhu tubuh ini,” terang Imam.

Pelaksanaan pemeriksaan suhu tubuh ini, ditambahkan Imam sudah dilaksanakan sejak Senin (9/3/2020) dengan catatan masih belum diketemukan adanya indikasi calon penumpang yang mengalami gangguan kesehatan dengan indikasi mengalami serangan virus Corona.

“Dari catatan kami mulai Senin (9/3/2020) atau bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan pemeriksaan suhu tubuh kepada calon penumpang di Terminal Purabaya, tidak ada calon penumpang yang terindikasi mengalami gangguan kesehatan khususnya sebagai suspect Corona,” tegas Imam.

Sekurangnya 10 hingga 15 petugas dengan masing-masing membawa scanner atau alat pemeriksa suhu tubuh berada di bagian lobby Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, selalu siaga mencegat calon penumpang untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Suyono satu diantara calon penumpang tujuan Nganjuk yang ditemui usai dicegat dan diperiksa suhu tubuhnya, awalnya kaget melihat banyak petugas Dishub di lobby terminal yang kemudian melakukan pemeriksaan.

“Ternyata pemeriksaan seperti yang di bandara. Tidak masalah demi keselamatan diri sendiri dan keselamatan bersama,” ujar Suyono didampingi istri dan seorang anaknya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs