Kamis, 28 Maret 2024

Dua Penerbangan Jamaah Umrah di Bandara Juanda Dibatalkan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi Jamaah umroh. Foto: Antara.

Yuristo Ardi Hanggoro Humas PT. Angkasa Pura 1 Juanda mengungkapkan, dua penerbangan untuk keberangkatan jamaah umrah dari Bandara Juanda, di Sidoarjo pada Kamis (27/2/2020) dibatalkan. Keduanya menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Yuris mengatakan, jadwal pertama dengan nomor penerbangan SV 359, yakni pada pukul 10.35 WIB, berhasil diberangkatkan, dengan jumlah jamaah sebanyak 438 orang. Penerbangan ini mengangkut jamaah umroh dari Surabaya, menuju Bandara Jeddah.

Sementara untuk jadwal kedua, dengan nomor penerbangan SV3813, yang rencananya diterbangkan pada pukul 16.15 WIB, dibatalkan. Pembatalan dilakukan setelah adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, yang menutup sementara akses jamaah umroh, akibat serangan virus corona.

“Untuk SV3813 yang dijadwalkan Pukul 16:15 WIB status dibatalkan,” ujar Yuristo, Kamis (27/2/2020).

Yuristo mengakui memang sempat ada penumpukan penumpang jamaah umroh di terminal keberangkatan Bandara Juanda setelah adanya pembatalan tersebut. Namun tidak berlangsung lama, karena pihak maskapai langsung melakukan sosialisasi terkait pembatalan keberangkatan tersebut.

“Konsentrasi jamaah di anjungan dan telah dilakukan sosialisasi kepada para jamaah terkait pembatalan SV3813 oleh pihak maskapai dan groundhandling,” kata Yuristo.

Mahsun Zain Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, mengakui pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak KKP Surabaya, PT Angkasapura I Bandara Juanda, dan juga pihak maskapai. Hasilnya diketahui telah adanya jamaah yang diberangkatkan pada pukul 10.35 WIB. Sementara untuk yang jadwal pukul 16.15 WIB dibatalkan keberangkatannya.

“Pagi yang jam 11 sudah diberangkatkan. Tapi kita gak tahu apakah nanti dikembalikan lagi setibanya di Saudi Arabia, atau enggak kami gak tahu,” kata dia. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs