Senin, 27 Juni 2022

FPI Sebut Enam Pengawal Rizieq Shihab Kena Tembakan di Jantung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Rizieq Shihab Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI). Foto: Faiz/Dok. suarasurabaya.net

Munarman Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) mengatakan, enam orang Laskar FPI pengawal Muhammad Rizieq Shihab mengalami penyiksaan sebelum meninggal dunia.

Menurut Munarman, kesimpulan itu berdasarkan pemeriksaan tubuh jenazah, sebelum dikubur di pondok pesantren daerah Mega Mendung, Jawa Barat, hari ini, Rabu (9/12/2020), sekitar pukul 08.00 WIB.

“Pada tubuh sebagian besar para Laskar FPI, terdapat tanda-tanda bekas penyiksaan. Di seluruh jenazah terdapat lebih dari satu lubang peluru. Tembakan memiliki kesamaan sasaran, yaitu mengarah ke jantung,” ujarnya dalam keterangan pers, di Jakarta, Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan pendapat ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, lanjut Munarman, para Laskar FPI ditembak dari jarak dekat.

“Menurut ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, tembakan ke arah jantung itu ada yang dilakukan dari arah depan, bagian dada, dan ada yang dari belakang,” katanya.

Lebih lanjut, Munarman bilang proses pengambilan jenazah di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, berlangsung alot.

Sesudah lebih dari 24 jam, akhirnya jenazah diserahkan pihak RS Polri kepada pihak keluarga dan kuasa hukum keluarga Laskar FPI.

Pada kesempatan itu, pihak FPI menyampaikan terima kasih kepada Romo Muhammad Syafi’i dan Fadli Zon Aggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, dan Komnas HAM yang membantu proses pengambilan jenazah.

Sekadar informasi, Senin (7/12/2020) dinihari, enam orang Laskar FPI meninggal dunia.

Irjen Pol Fadil Imran Kapolda Metro Jaya mengatakan, keenam orang anggota Laskar FPI terpaksa ditembak karena menyerang polisi yang bertugas melakukan penyelidikan.(rid/tin/lim)

Bagikan
Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
28o
Kurs