Kamis, 25 April 2024

Gamis Jatim Tolak RUU HIP di DPRD Jatim, Jalan Indrapura Padat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gerakan Aksi Masyarakat Anti Komunis (Gamis) Jatim menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jatim Jl Indrapura, Selasa (7/7/2020). Foto : Abidin suarasurabaya.net

Gerakan Aksi Masyarakat Anti Komunis (Gamis) Jatim menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jatim Jl Indrapura, Selasa (7/7/2020).

Gabungan ormas Islam dan komunitas diantaranya FPI Jatim, Center for Indonesian Community Studies (CICS), Kokam, DDII Jatim, Hidayatullah, dan Jaringan Muda Remaja Masjid Indonesia, ini mendesak pembatalan pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) oleh DPR dan Pemerintah.

Beberapa perwakilan massa diterima oleh beberapa anggota dewan. Di antaranya ada Anwar Sadat Wakil Ketua DPRD Jatim, lalu Achmad Iskandar, dan Nur Sucipto Anggota DPRD Jatim.

Perwakilan massa diterima oleh beberapa anggota DPRD Jatim. Foto : Abidin suarasurabaya.net

Mohammad Yunus, koordinator Gamis Jatim dalam audiensi menyatakan, kedatangan massa ini untuk mendesak DPR RI lewat DPRD Jatim agar melakukan langkah tegas membatalkan RUU HIP.

“Kami juga mengajak, semua elemen memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai RUU HIP ini lolos,” katanya dalam pernyataan sikapnya.

Menurut Yunus, Pancasila merupakan dasar negara dan sumber hukum secara konstitusional, sehingga tidak perlu aturan lain yang meredupkan pancasila itu sendiri.

“Tolak dan batalkan pembahasan RUU HIP karena berpotensi memasukkan ideologi Marxisme, Komunisme dan Leninisme,” katanya. Yunus juga menegaskan, agar aparat mengusut tuntas dalang pengusul RUU HIP.

Jalannya aksi ini dikawal sekitar 1.220 personel gabungan TNI/Polri. Hingga pukul 11.45 WIB, jalan Indrapura masih padat sejak Viaduk Bubutan. (bid/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs