Kamis, 28 Maret 2024

Hampir Sebulan Dibuka Pasca Penutupan, Terminal Purabaya Masih Landai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Di jalur keberangkatan terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo terlihat masih landai, setelah hampir sebulan dibuka kembali. Foto: Dok/Totok suarasurabaya.net

Aktivitas di terminal Purabaya, Rabu (15/7/2020) setelah sekitar sebulan dibuka kembali pasca penutupan ternyata masih landai. Peningkatan aktivitas calon penumpang belum terjadi.

Setelah sekitar satu bulan dibuka, pasca penutupan, Rabu (15/7/2020) aktivitas terminal Purabaya masih landai. Belum terlihat peningkatan aktivitas penambahan jumlah calon penumpang.

Hilir mudik armada bus dari luar Kota Surabaya yang masuk ke terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo terpantau masih belum sepadat dan seramai saat sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Sejak pagi sampai menjelang pukul 12.00 siang, beberapa armada bus memang masuk ke terminal. “Tapi jumlahnya tidak seramai saat sebelum pandemi. Beberapa saja. Kalau sebelum pandemi dulu, subuh sudha ada bus yang masuk terminal. Sekarang sepi,” ujar Marman pemilik warung didekat akses kedatangan bus terminal Purabaya.

Saat ini, seiring masih terjadinya pandemi, lanjut Marman aktivitas di terminal memang tidak sepadat sebelum pandemi. Bahkan setelah sekitar sebulan dibuka kembali, pasca penutupan, aktivitas di terminal Purabaya masih belum padat.

“Terminal ini kan 24 jam. Pagi,siang, malam, bahkan sampai subuh ada saja calon penumpang dan armada bus yang keluar dan masuk terminal. Sekarang sepi sekali. Paling-paling jam 20.00 sudah sepi. Pagi juga gitu belum ramai seperti waktu sebelum pandemi,” lanjut Marman.

Termasuk aktivitas berjualan Marman, diakui sejak ditutup sampai sekarang dibuka kembali, pendapatan jauh menurun dan berkurnag drastis. “Waktu penutupan terminal, PSBB, otomatis penghasilan hilang. Sampai 3 bulan. Terus dibuka lagi, tapi kondisinya masih seperti ini. Kalau terminal sepi, dagangan juga sepi,” tegas Marman.

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda Imam Hidayat Kepala Sub Unit (Kasubnit) terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo membenarkan jik aaktivitas terminal Purabaya setelah sekitar sebulan beroperasional kembali kondisinya belum seramai seperti sebelum penutupan gegara pandemi Covid-19.

“Memang masih belum seramai sebelum pandemi. Tapi kami tetap beroperasional seperti ketentuan atau aturan yang sudah ditetapkan. Termasuk dengan penerapan protokol kesehatan bagi armada bus maupun untuk calon penumpang. Kondisinya memang belum kembali ramai seperti sebelum penutupan dulu,” terang Imam.

Pantauan di terminal Purabaya, Rabu (15/7/2020) di akses jalur keberangkatan bus juga tidak terlihat calon penumpang yang menunggu armada bus. Demikian juga di jalur kedatangan bus, masih terlihat sepi. Deretan warung di sekitar terminal memang sudah terlihat banyak yang buka, tetpai tidak banyak orang yang membeli makanan atau minuman.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs