Rabu, 8 Desember 2021

Hari Pertama Dinas, Risma Blusukan ke Bantaran Kali Belakang Kantor Kemensos

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tri Rismaharini Mensos saat blusukan di bantaran Sungai Ciliwung, di belakang kantor Kemensos pada Senin (28/12/2020). Foto: Biro Humas Kemensos

Pada hari pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini melakukan blusukan di kawasan aliran Sungai Ciliwung, tepatnya di belakang kantor Kementerian Sosial pada Senin (28/12/2020) pagi.

Didampingi Harry Hikmat Dirjen Rehabilitasi Sosial dan Inspektur Jenderal Dadang Iskandar dalam rombongan kecil, Risma Mensos berdialog dengan seorang pemulung dari atas jembatan, tepatnya di Fly Over Pramuka, Jalan Pramuka Sari II. Dalam perbincangan tersebut, Risma mengetahui bahwa sebagian dari penghasilan pasangan suami-istri yang pemulung itu dikirimkan untuk anak mereka di kampung.

“Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi nggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya,” kata mantan Wali Kota Surabaya tersebut dilansir dari laman Kemensos.

Setelah berdialog dengan pemulung, Risma Mensos kemudian turun ke bawah jembatan dengan memanjat tangga kayu yang dipasang warga setempat.

Tri Rismaharini Mensos saat blusukan di bantaran Sungai Ciliwung, di belakang kantor Kemensos pada Senin (28/12/2020). Foto: Biro Humas Kemensos

Di sana, ia melihat kondisi hunian para gelandangan yang hidup di bawah jembatan. Kepada warga bantaran yang menyaksikan kedatangan rombongan ini, Risma menyampaikan lagi keinginannya untuk mengubah nasib mereka.

“Bapak ibu, saya hanya ingin penjenengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo pak, mau ya pak,” katanya.

Dari bantaran kali, rombongan Mensos bergerak ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur” di Bekasi yang menyelenggarakan rehabilitas sosial yang bersifat sementara (temporary shelter).

Di sana, mereka mendapat layanan vokasi dalam jangka tertentu, dimana selanjutnya pemberdayaan dilakukan dengan bermitra dengan pemerintah daerah.

Sebelumnya pada Minggu (27/12/2020) kemarin, Risma memilih menyapa para penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.(tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
25o
Kurs