Kamis, 28 Maret 2024

Risma Mengaku akan Perbaiki Tata Kelola di Kemensos

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Mensos RI memberikan keterangan pers di Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Menteri Sosial mengaku akan merapikan sistem tata kelola di lingkungan Kementerian Sosial RI. Risma mengatakan, siap ‘bersih-bersih’ di Kemensos dan melakukan kontrol ketat pelaksanaan setiap program.

“Sebetulnya saya gak mau ngomong detil. Karena itu saya akan lakukan, tapi yang paling penting adalah bagaimana kontrol keuangan itu bisa dilakukan dengan tepat,” kata Risma saat bertemu awak media di Surabaya, Jumat (25/12/2020).

Menurut Risma, anggaran yang dikelola Kementerian Sosial RI memang jumlahnya besar. Tak hanya bersumber dari APBN, tapi juga dari non APBN.

Menurutnya, tata kelola, kontrol, dan pengawasan di setiap program sangat penting. Risma bilang, jika di internal sudah baik maka output pelayanan juga akan bagus. Perlu sistem yang baik dan dikelola dengan betul.

“Tata kelola, manajemen untuk pengelolaan, semua sistem itu harus diperbaiki, memang berat. Saya tahu itu tidak mudah. Tapi kan harus saya lakukan karena ini ngelola uang amanah rakyat luar biasa besarnya,” terangnya.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan, pembenahan sistem ini sebenarnya berat dan tidak cukup dilakukan sambil pararel mengatur roda kerja-kerja reguler. Tapi, Risma dia akan mencoba melakukan secara paralel.

Disisi lain, Risma mengaku saat ini pihaknya juga terus melakukan perbaikan data di Kemensos. Hal itu termasuk prioritas yang dilakukan Risma.

Risma mengatakan pihaknya juga berencana melakukan pemberdayaan. Sehingga tak hanya memberi bantuan, melainkan juga ada pemberdayaan bagi warga.

“Jadi nanti ke depan mereka bisa berdaya, bukan hanya menerima tapi mereka bisa mengakses ekonomi bukan hanya menerima,” ungkap Risma.

Sekadar diketahui, Risma menjadi Mensos RI di Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik pada Rabu (23/12/2020) kemarin. Risma menggantikan Mensos sebelumnya, Juliari P Batubara yang tersandung kasus Bansos. (bid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs