Rabu, 6 Juli 2022

Hujan Deras, Banjir Hingga Pohon Tumbang Terjadi di Surabaya dan Sekitarnya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Hujan deras mengguyur wilayah Surabaya, Minggu (27/12/2020) malam. Hujan deras yang juga disertai angin kencang dan petir itu, membuat beberapa titik di Surabaya banjir, listrik padam, pohon tumbang, dan jarak pandang terbatas.

Berikut ini beberapa laporan pendengar Radio Suara Surabaya:

Banjir

Banjir terjadi di Jalan Mayjen Sungkono. Kondisi itu membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi padat. Tidak sedikit sepeda motor yang terpaksa putar balik untuk menghindari banjir.

“Saya sudah lolos dari Mayjen Sungkono. Banjir mulai dari pintu Darmo Park 1,” kata Wiyoto saat melaporkan kondisi banjir ke Radio Suara Surabaya.

“Mayjen Sungkono di TL Bintang Diponggo arah Adiyawarman, di lajur kiri dan tengah itu dalam banjirnya. Di atas dengkul orang dewasa. Hanya lajur kanan saja yang bisa dilewati,” kata Otty Handoyo.

“Jam 9 kurang lewat Mayjen Sungkono arah Indragiri padat,” kata Rani.

 

Cuplikan video kiriman netter terkait kondisi banjir di Jalan Mayjen Sungkono, Minggu (27/12/2020) malam.

 

Demikian juga WhatsApp Suara Surabaya (WA SS), yang diramaikan dengan laporan yang sama. Salah satu pendengar juga sempat merekam kondisi banjir di Jalan Mayjen Sungkono.

“Saya dr Islamic Center…mau pulang. Tp sbLum Per 3 TVRI, Macet. Yg serong kiri arah SangriLah malah di pake lawan arah……pada BaLik ke Arah Islamic Center. Muter2 sekitaran Dukuh Kupang…mau pulang banjir semua. Pake Mobil keciL..akhire rehat dulu di dpn IsLamic Center nggu Banjir Redah,” tulis Hendrik ke WA SS.

Selain Mayjen Sungkono, banjir juga dilaporkan pendengar SS terjadi di Jalan Ciliwung, Kebraon, dan Kutisari.

“Hindari kebraon yg mengarah balas klumprik banjirnya seban mobil,” tulis Samsul Arief.

“Laporan. Kutisari banjir semata kaki. Hujannya deres. Kutisari Utara 7,” tulis Rizky Satria Pratama.

“Jl Ciliwung banjir,” kata Basuki.

“Banjir 1/2 Ban Mobil di Perum Gununganyar Asri. Air Sungai sejajar sama Air diatas Jalan Raya,” tulis Dimas Haryo Pranadhita.

“Ijin melaporkan lagi,dpn rumah sakit pusdikmar gunungsari banjir smpe plat mobil pas.banyak motor mogok..yg naik mtr mending cari jalur lain.tdk memungkinkan diterobos,” tulis Adi Parawinata.

Selain Surabaya, hujan deras juga mengguyur wilayah lainnya seperti Sidoarjo. Pendengar SS juga melaporkan genangan air terjadi di beberapa titik.

“Perumahan deltasari indah tergenang air setinggi 1/2 ban mobil,” tulis Reza Pangabean ke WA SS.

Listrik Padam

Selain banjir, beberapa daerah di Surabaya dan Sidoarjo juga dilaporkan listrik padam. Seperti yang dilaporkan Muhammad Dwi Kustanto melalui WA SS, daerah Buduran hujan deras dan listrik di Desa Dukuhtengah padam.

“Pak buduran hujan deras di sertai petir. Pak listrik di daerah desa dukuhtengah mati pak. Ini daerah Sidoarjo desa pak,” tulisnya.

Kejadian serupa juga terjadi di kawasan Medokan Ayu Surabaya.

“Wilayah Medokan Ayu dan sekitar hujan sdh mulai redah, tapi lampu mati, mudah2an tidak turun hujan lagi, karena kanal air depan rumah sdh meluber,” tulis Solihan.

“Assalamualaikum. Selamat Malam SS. Info cuaca : Tambak Medokan Ayu, Hujan Dan mati lampu. Terima kasih,” tulis Muslich.

“Selamat Malam… Info 1 Menit yang lalu Daerah medokan sawah timur + gunung anyar tambak dsk listrik padam. Bersamaan dengan petir menggelegar,” tulis Aji Gunawan.

Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang juga membuat pohon tumbang di beberapa titik. Misalnya di Jalan Sulawesi Surabaya, seperti yang dilaporkan Arif Sunandar melalui WA SS.

“Perkembangan untuk pohon tumbang di jl. sulawesi sudah terkondisikan, Untuk korban jiwa nihil,” tulisnya.

“Ada pohon tumbang membahayakan penguna jln di jln sumatra depan exelso. Blm ada petugas. Listrik sekitar padam,” kata dr. Catur.

“Selamat malam..ada pohon tumbang di dpan imigrasi sedati..sampai menutup jalan.. trimakasih..hujan deras dan angin di sedati.. *depan kantor imigras,” tulis Feryy Firmansyah.

 

Pohon tumbang di Jalan Sulawesi Surabaya, Minggu (27/12/2020). Foto: Netter via WA SS

 

Jarak Pandang Terbatas

Hujan deras juga membuat jarak pandang terbatas, seperti yang dillaporkan beberapa pengemudi yang tengah melintasi Tol. Tidak sedikit mereka mengimbau para pengemudi lainnya untuk berhati-hati.

“Tol sda waru sby hujan deras jarak pandang 10meter,” tulis Amalia Kurnia melalui WA SS.

“Hujan deras di jalan kalianak, jarak pandang sangat terbatas, hati2 pengguna lainya ya..,” tulis Yuda Pratama.

“Info: masuk tol sidoarjo sampe dwngan mojokerto hujan deras, mohon pengguna kendaraan lain tidak menyalakan lampu harzard krn meraskan hujan deras,, krn pengendara lain pun sama2 tau komdisi hujan,” tulis Rio. (ang/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
24o
Kurs