Jumat, 10 Mei 2024

Sungai Kamoning Meluap, Sampang Kembali Dilanda Banjir

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi.

Ribuan warga di tiga kelurahan dan empat desa di Kecamatan Sampang, Madura, Minggu (13/12/2020), kembali terdampak banjir akibat luapan Sungai Kali Kamoning.

“Warga empat desa terdampak banjir susulan kali ini adalah warga di Desa Pangilen, Banyumas, Kamuning, dan Gunung Maddah. Sedangkan tiga kelurahan lainnya adalah Rongtengah, Dalpenang, dan Gunung Sekar,” kata Anang Joenaidi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, dilansir Antara.

Hingga sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu sore, ketinggian genangan air di sejumlah titik di wilayah kota rata-rata antara 10 hingga 30 cm, seperti di Jalan Imam Bonjol, Jalan Bahagia, Jalan Garuda, dan Jalan Pemuda Baru.

Kepala BPBD menjelaskan, banjir susulan itu terjadi karena hingga kini di hulu sungai, yakni di daerah utara Sampang turun hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Banjir pertama di Kota Sampang terjadi mulai Rabu (9/12/2020) hingga Jumat (11/12/2020). Banjir yang disebabkan luapan Sungai Kali Kamoning ini terjadi, karena mesin pompa penyedot banjir bantuan Pemprov Jatim rusak.

Pada banjir pertama itu, sebanyak enam kelurahan dan tiga desa di Kota Sampang, tergenang banjir.

“Kalau pada banjir susulan kali ini hanya tiga kelurahan, lebih kecil dari yang pertama,” kata Anang Joenaidi Kepala BPBD Pemkab Sampang. (ant/ang)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs