Kamis, 11 Agustus 2022

Pj Bupati Sidak Sungai Cantel, Sampah Masih Jadi Masalah Utama Banjir

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Hudiyono Pj Bupati Sidoarjo mengecek sepanjang alur sungai Kali Cantel yang sering dipenuhi enceng gondok, Minggu (20/12/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Hudiyono Pj Bupati Sidoarjo mengecek sepanjang alur sungai Kali Cantel yang sering dipenuhi enceng gondok. Tapi, dari pantauan mulai alur Tambak Sawah, Kecamatan Waru sampai Pranti Kecamatan Sedati sampah enceng gondok tampak bersih, Minggu (20/12/2020).

Di salah satu jembatan di Jalan Blambangan, perbatasan Desa Tambak Sawah, Waru, dengan Desa Semampir, Sedati, Sungai Cantel yang biasanya dipenuhi enceng gondok tampak bersih.

“Saya merespons laporan warga kalau daerah sekitaran sungai kemarin sempat banjir. Saya ingin pastikan sampah dan enceng gondok bisa rutin dibersihkan,” ujar Hudiyono di lokasi.

Hudiyono juga mengajak masyarakat dan perusahaan yang beraktifitas di sekitar sungai agar lebih sadar pada kebersihan lingkungan. Paling tidak turut menyiapkan bak sampah dan membuang sampah di tempatnya, bukan malah membuang sampah ke sungai.

“Saya juga mengajak pemilik pergudangan di dekat Kali Cantel ini bisa berperan. Saya melihat sampahnya tidak dibuang di bibir sungai ini. Kalau hujan tetap jatuh ke sungai kalau begini,” katanya.

Hudiyono juga mengaku akan menggerakkan Dinas PU dan DLH untuk rencana jangka pendek mengatasi problem banjir di kawasan Tambak Sawah sampai Trodopo itu. “Memang butuh pengerukan dan peran kesadaran masyarakat dalam membuang sampah,” katanya.

Sekadar diketahui, pada Jumat (18/12/20) lalu, hujan lebat sempat mengakibatkan banjir di kawasan Wadung Asri, Tropodo, Kepuh Permai, Kepuh Kiriman, Griyo Mapan, bahkan sampai Pranti.

Hampir setiap tahun banjir di sejumlah titik seperti di Tambak Sawah, sebagian wilayah permukiman di Desa Pranti, Kecamatan Sedati, juga di kawasan lain seperti di Perumahan Griyo Mapan, karena tampungan air di Sungai Cantel tak memadahi.(bid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
26o
Kurs