Kamis, 25 April 2024

IDI Jatim: Disiplin Protokol Kesehatan Lebih Penting daripada PSBB di Surabaya Raya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi cuci tangan. Foto: dok. Didik suarasurabaya.net

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim menilai peningkatan kedisplinan penerapan protokol kesehatan di Surabaya Raya lebih penting dari penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sutrisno Ketua IDI Jatim berpendapat, penerapan kembali PSBB di Surabaya Raya tidak perlu dilakukan walaupun jumlah kasus Covid-19 terus meningkat, terutama di Kota Pahlawan.

Daripada menerapkan kembali PSBB, peningkatan kepatuhan masyarakat untuk menggalakkan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, lebih efektif.

“Jadi menurut saya yang paling penting adalah kedisiplinan masyarakat. Walaupun ada PSBB tapi masyarakat tidak disiplin protokol kesehatan, ya, sama saja,” kata Sutrisno, Minggu (21/6/2020).

Berdasarkan hasil evaluasi epidemiolog, kepolisian, juga kalangan independen menunjukkan, tingkat kedisiplinan masyarakat soal penerapan protokol kesehatan masih sangat rendah.

“Hal itu lah yang bikin kasus ini terus naik mendekati Jakarta. Bahkan kematian lebih tinggi daripada Jakarta,” lanjutnya.

Selain pendisiplinan protokol kesehatan, Sutrisno juga meminta pemerintah kabupaten/kota di Surabaya Raya untuk lebih masif melakukan tes. Baik rapid test maupun Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kuratif dan perawatannya juga harus bagus. Tracing (pelacakan) juga harus efisien dan tepat. Dengan itu nanti baru bisa mengatasi angka kasus yang terus naik. Jadi bukan PSBB,” lanjutnya.

Pemerintah daerah, kata dia, harus memaksimalkan peran kampung tangguh yang menurutnya akan sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat untuk mengoptimalkan penanganan.

“Gerakkan dari unit terkecil, mulai RT, RW, dan kampung, kalau bisa diefektifkan. Saya yakin berhasil. Para tokoh lokal harus berani mendisiplinkan warga dan melarang orang keluar masuk dengan bebas dan melarang kumpul-kumpul,” ucapnya.

Yang tidak kalah pentingnya, ujat Sutrisno, adalah pengawasan pada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Isolasi mandiri harus betul-betul diawasi dan kalau perlu dibantu kebutuhan hidupnya. Jadi Kampung tangguh ini menurut saya harus dioptimalkan agar warga disiplin protokol Kesehatan,” katanya.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs