Minggu, 27 November 2022

Rapat Evaluasi PSBB Masih Berlangsung, Diawali Pemaparan Hasil Epidemiologi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tiga kepala daerah pelaksana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menghadiri rapat evaluasi PSBB Surabaya Raya tahap ketiga di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/6/2020). Foto: Istimewa

Tiga kepala daerah pelaksana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menghadiri rapat evaluasi PSBB Surabaya Raya tahap ketiga di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/6/2020).

Dari pantauan suarasurabaya.net, tampak hadir di ruang rapat yaitu Sambari Halim Radianto Bupati Gresik, Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo, dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Rapat yang dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa sebagai moderator ini, diawali pemaparan hasil Epidemologi dari Tim Advokasi PSBB dan Surveilans dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair. Hasil kajian epidemologi untuk pelaksanaan PSBB Surabaya Raya itu disampaikan Dokter Windhu Purnomo Tim Kajian Epidemiologi FKM Unair.

Hasil kajian menunjukkan, memang ada penurunan transmisi penularan atau rate of transmission di tiga daerah pelaksana. Dari sebelumnya 1,7 menjadi 1,1, sampai 30 Mei lalu.

Salah satunya karena tingkat kepatuhan masyarakat untuk tetap di rumah, terutama di Surabaya. Hasil kajian tim memang sudah membaik dari penerapan PSBB pertama.

Dia memperkirakan, bila protokol kesehatan seperti itu ditambah disipilin penggunaan masker dan jaga jarak meningkat, maka dua pekan ke depan transmisi penularan akan terus turun di bawah angka 1.

Hingga berita ini dimuat, masih dibahas evaluasi penerapan PSBB tahap ketiga di Surabaya Raya. Gubernur mempersilahkan masing-masing kepala daerah untuk memaparkan pendapat masing-masing.

Namun, bisa dipastikan keputusan bersama terkait tindak lanjut setelah berakhirnya masa PSBB Surabaya Raya tahap ketiga akan diumumkan sore ini.

Sebagaimana diketahui, penerapan PSBB tahap ketiga di Surabaya Raya akan berakhir malam nanti. Dalam rapat evaluasi sebelumnya yang berlangsung di tempat yang sama kemarin malam, ketiga kepala daerah ternyata juga sudah mengajukan hal yang sama, yakni PSBB tidak diperpanjang dan mulai memasuki transisi menuju new normal.

Masing-masing kepala daerah saat ini sudah menyiapkan Peraturan Kepala Daerah masing-masing terkait tindak lanjut setelah PSBB, tapi keputusan bersama belum diambil. (den/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Minggu, 27 November 2022
25o
Kurs