Sabtu, 11 Juli 2020

ITS-Pemkot Perbarui Kerja Sama Bangun Kereta Gantung di Kota Batu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Acara penandatanganan MoU ITS-Pemkot Batu yang berlangsung secara virtual atau dalam jaringan, Selasa (30/6/2020). Foto: Humas ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi menandatangani kerja sama (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu terkait sejumlah proyek pembangunan Kota Batu.

Penandatanganan kerja sama secara virtual yang diikuti Prof Dr Ir Mochamad Ashari Rektor ITS dan Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu berlangsung Selasa (30/6/2020).

Ashari Rektor ITS dalam sambutannya di acara daring itu menyampaikan, MoU ini sebenarnya perpanjangan kerja sama ITS-Pemkot Batu yang sudah berjalan enam tahun.

“Selain bentuk pembaharuan MoU yang telah habis pada 2019, ITS juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Batu yang sudah bekerja sama membangun daerah,” tuturnya.

Ke depan, melalui MoU itu, ITS-Pemkot Batu akan mengembangkan sejumlah proyek meliputi masterplan pembangunan drainase air minum, persampahan, juga smart city.

Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu bilang, salah satu proyek terbesar yang akan dikerjakan bersama ITS adalah proyek kereta gantung yang memang tertunda karena pandemi Covid -19.

“Semoga pandemi ini segera membaik, sehingga progres kami untuk proyek ini dapat segera dilanjutkan, tentunya bersama ITS yang akan terus men-support Kota Batu,” ujar Dewanti.

Ashari berharap ke depan, kerja sama ini tidak hanya terjadi antara kedua institusi itu saja. Tetapi juga melibatkan pihak lain seperti BUMN maupun pihak swasta.

“Kita bisa menggandeng BUMN, investor, atau perusahaan startup yang berpotensi mengembangkan pembangunan Kota Batu, khususnya sektor pariwisata,” katanya.

Salah satu wujud kerja sama ITS-Pemkot Batu yang cukup sukses, kata Dewanti Wali Kota Batu, adalah program pengabdian masyarakat ITS terkait rencana wisata herbal.

“Itu cita-cita kami (Pemkot Batu, red), di mana tanaman herbal di Kota Batu sangat berpotensi dikembangkan. Dalam program ini tanaman herbal dan sektor pariwisata mendapat dukungan yang bagus,” paparnya.(den)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Mobil Masuk Sungai di Kaliwaron

Mobil Tabrak Pohon

Jangan Sembarangan Main Layang-Layang, Guys

Surabaya
Sabtu, 11 Juli 2020
27o
Kurs