Kamis, 25 April 2024

Jaga Ekologi Alam dan Konservasi di Edu Eco Agrowisata de-Farm IOC

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara aktivitas di agrowisata Ubaya di Mojokerto. Foto: Humas Ubaya

Program Edu Eco Agrowisata de-Farm Integrated Outdoor Campus (IOC) Universitas Surabaya (Ubaya) setelah dilakukan re-design, dengan adaptasi kebiasaan baru atau new normal, jadi satu di antara langkah konservasi sekaligus ikut menjaga ekologi alam.

Prof. Joniarto Parung, Direktur IOC UTC sekaligus Ketua Edu Eco Agrowisata menyatakan bahwa umumnya masyarakat masih belum banyak mengetahui Edu Eco Agrowisata IOC Ubaya. Sebelumnya, pengunjung yang datang hanya berasal dari warga Ubaya atau rekanan perguruan tinggi dan sekolah saja.

“Edu Eco Agrowisata merupakan lokasi pelatihan karakter, konservasi alam dan pertanian serta peternakan. Hadirnya Panglima dan keluarga besar Kodam V Brawijaya merupakan contoh dan perwakilan masyarakat untuk menikmati lokasi Edu Eco Agrowisata. Selain itu, mereka termasuk anggota TNI yang peduli dalam menjaga ekologi dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan kegiatan konservasi alam yang kami lakukan di program Edu Eco Agrowisata,” terang Prof. Joniarto Parung, Sabtu (10/10/2020).

Joni menambahkan, bahwa memasuki era adaptasi kebiasaan baru, Kampus III Ubaya telah mempersiapkan destinasi-destinasi wisata bagi kedatangan pengunjung tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

“Sebelumnya pengunjung mayoritas dalam kelompok atau rombongan dan didampingi oleh dosen/staf sebagai trainer. Sekarang di setiap destinasi telah diberikan papan informasi sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan belajar secara mandiri. Pengunjung juga dapat berkeliling menikmati keanekaragaman tanaman yang diproduksi dan disediakan di IOC seperti salak, cokelat, kelengkeng, durian, dan sebagainya,” papar Joni.

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas Edu Eco Agrowisata sempat berhenti pertengahan Maret 2020 sampai akhir Juni 2020. Melihat hal tersebut, Prof. Joni merasa perlu melakukan adaptasi agar bisa menerima pengunjung serta mendapat penghasilan kembali dari kegiatan Edu Eco Agrowisata. Adaptasi yang dilakukan oleh tim Ubaya adalah mendesain ulang lokasi wisata sesuai dengan kebiasaan baru (new normal).

Tahapan desain ulang program Edu Eco Agrowisata yang dilakukan oleh tim Ubaya memanfaatkan dana hibah Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) dari Kementerian Riset/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Ada empat tahapan desain ulang yaitu discover, define, develop, dan deliver.

Tahapan pertama discover, dengan mencari alternatif model penawaran paket secara tepat yang memugkinkan pengunjung tidak saling berinteraksi mengingat pemberlakukan protokol kesehatan. Kedua define, menganalisis setiap alternatif secara detail dengan mengaitkan kondisi nyata yang dimiliki oleh Edu Eco Agrowisata de-Farm IOC Ubaya.

Dengan memanfaatkan lahan yang belum termanfaatkan secara optimal untuk ditanami sayuran organik serta membuka lokasi Edu Eco Agrowisata untuk kunjungan perorangan atau keluarga tanpa pelatihan, merupakan dua alternatif yang paling memungkinkan untuk dijalankan.

Tahap ketiga develop¸ menciptakan pengembangan program hingga melakukan simulasi dan evaluasi seperti pada tanaman sayur organik. Pada tahap ini pula dikembangkan sistem penyampaian informasi yang efektif kepada calon pengunjung, yang diawali dengan penetapan target pasar utama.

Pada tahap ini pula disiapkan fasilitas yang dapat mendukung kebahagiaan pengunjung diantaranya penyediaan tempat foto selfie. Keempat deliver, membuat time schedule untuk mengeksekusi kedua alternatif yang feasible.

“Dengan soft launching ini masyarakat yang jenuh karena terlalu lama di rumah bisa mengajak keluarga untuk belajar sambil berwisata alam di Edu Eco Agrowisata de-Farm IOC Ubaya. Kami tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung,” pungkas Joni.

Soft launching ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M. bersama Direktur IOC Ubaya Traning Center (UTC), Prof. Joniarto Parung di lokasi pintu gerbang masuk Kampus Ubaya III, IOC UTC, Trawas, Mojokerto.(tok/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs