Selasa, 16 Agustus 2022

Jelang Libur Nataru, Ban Bus Tipis Dilarang Angkut Penumpang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Di jalur keberangkatan terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo terlihat masih landai, setelah hampir sebulan dibuka kembali. Foto: Dok/Totok suarasurabaya.net

Menjelang libur akhir tahun, Natal dan Tahun Baru armada bus yang masih memakai ban tipis saat beroperasi, dipastikan dilarang mengangkut penumpang di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo.

“Razia terus kami gencarkan. Meskipun pandemi, pengawasan tetap kami lakukan. Jelang libur Nataru armada bus yang nekat tidak melengkapi ketentuan atau aturan kami tindak. Ban tipis dilarang mengangkut penumpang,” tegas Imam Hidayat Kasubdit Terminal Purabaya, Jumat (18/12/2020).

Saat razia kemarin, beberapa pelanggaran ditemukan petugas. Mulai dari ban bus yang tipis, kaca retak, hingga tidak lengkapnya surat-surat menjadi atensi petugas di lapangan. Karena itu armada bus tetap wajib patuh aturan.

“Kemarin ada sekitar 50an armada bus kami periksa. Dan pelanggaran masih saja ada. Selain kami tilang, armada bus juga kami larang mengangkut penumpang. Kita keluarkan dari terminal, ” kata Imam.

Karena itu, Imam mengingatkan bahwa kepatuhan pada aturan terkait kelengkapan armada bus, sudah kerap disosialisasikan pada awak bus dan pengelola armada. Namun demikian pelanggaran masih saja dilakukan.

“Ini menyangkut keselamatan perjalanan. Kalau mereka menolak patuh, langsung kita tindak. Meskipun penumpang sudah di dalam bus, kita turunkan. Armada kita keluarkan. Apalagi jelang akhir tahun, pengawasan tetap kami lakukan,” pungkas Imam.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
29o
Kurs