Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Keanggotaan Konsil Kedokteran Indonesia 2020-2025

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prosesi pengucapan sumpah/janji jabatan Konsil Kedokteran Indonesia periode 2020-2025 disaksikan Jokowi Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/8/2020). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden menyaksikan pengucapan Sumpah/Janji Keanggotaan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) periode 2020- 2025, di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (19/8/2020).

Prosesi pengucapan sumpah/janji berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ada 17 orang yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 55/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Keanggotaan KKI.

Mereka yang dilantik sebagai Anggota KKI mewakili sejumlah unsur profesi kedokteran, tokoh masyarakat, asosiasi rumah sakit, dan kementerian.

Masing-masing, Putu Moda Arsana, wakil dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dollar wakil dari IDI, Nurdjamil Sayuti wakil dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Nadhyanto wakil dari PDGI, dan Pattiselanno Robert Johan dan Achmad Syukrul wakil dari Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia.

Kemudian, Bachtiar Murtala wakil dari Kolegium Kedokteran, Andriani wakil dari Kolegium Kedokteran Gigi, Vonny Nouva Tubagus wakil dari Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia, dan Ni Nyoman Mahartini wakil dari Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia.

Selain itu, ada nama Mohammad Agus Samsudin, Intan Ahmad Musmeinan, dan Hisyam Said wakil dari tokoh masyarakat.

Taruna Ikrar dan Sri Rahayu Mustikowati, wakil dari Kementerian Kesehatan, serta Melanie Hendriaty Sadono dan Mariatul Fadilah wakil dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, KKI bertugas melakukan registrasi dokter dan dokter gigi, mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi, dan membina penyelenggaraan praktik kedokteran. (rid/cus/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs