Jumat, 19 April 2024

KA Bandara Yogyakarta Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rangkaian kereta bandara yang akan melayani penumpang menuju Yogyakarta International Airport (YIA). Foto: Antara

PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan kereta api bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA) mulai Minggu (23/8/2020), setelah sempat berhenti beroperasi selama sekitar lima bulan akibat pandemi Covid-19.

“Hingga 31 Agustus, dijadwalkan ada empat perjalanan kereta bandara menuju YIA setiap harinya,” kata Eko Budiyanto Manajer Humas KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Minggu, dilansir Antara.

Menurutnya, calon penumpang pesawat yang akan terbang dari Bandara YIA atau warga yang akan bepergian menuju Kebumen, Jawa Tengah, dapat memanfaatkan bandara baru di DIY itu.

Kereta Bandara YIA diberangkatkan pada pukul 08.35 WIB dan 15.05 WIB dari Stasiun Yogyakarta ke tujuan akhir Kebumen dengan pemberhentian di Stasiun Wates dan Stasiun Wojo.

Bagi penumpang menuju YIA, dapat berhenti di Stasiun Wojo untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju bandara menggunakan bus yang sudah disiapkan.

Sedangkan dari Kebumen, kereta akan diberangkatkan pada pukul 10.23 WIB dan 17.40 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Yogyakarta.

“Kereta ini termasuk kereta api lokal sehingga penumpang tidak membutuhkan hasil rapid test Covid-19 nonreaktif,” katanya.

Selain mengoperasionalkan kembali KA Bandara YIA, sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga kembali dioperasionalkan.

Kereta jarak jauh tersebut di antaranya, Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasar Senen, KA Progo relasi Lempuyangan-Pasar Senen, KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung, KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir, KA Gajahwong relasi Lempuyangan-Pasar Senen, dan KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir. (ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs