Sabtu, 8 Agustus 2020

Kampanyekan Manfaat Air Hujan, Komunitas Air Kita Terus Bergerak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Batik dengan memanfaatkan air hujan dengan pewarnaan Indigo, di Desa Karangwinongan, Mojoagung Jombang, Sabtu (29/2/2020. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengkampanyekan manfaat air hujan, komunitas Air Kita terus bergerak lakukan banyak aktifitas untuk masyarakat, seperti di Desa Karangwinongan, Mojoagung Jombang.

“Air hujan sejatinya sudah sejak lama memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami memang mengkampanyekan itu lewat komunitas Air Kita,” terang Purwanto pengurus Air Kita.

Dengan beberapa tahapan sederhana, lanjut Purwanto, air hujan yang turun bisa ditampung dalam wadah besar yang selanjutnya diendapkan selama semalam kemudian disaring menggunakan kain.

“Dengan penyaringan sekali, air hujan sudah bisa dikonsumsi. Bisa dipakai untuk air minum. Dan dari penelitian sederhana yang kami lakukan, ternyata cukup layak untuk diminum,” kata Purwanto yang ditemui suarasurabaya.net di Jombang, Sabtu (29/2/2020).

Kampanye komunitas Air Kita ditegaskan Purwanto tidak sebatas mensosialisasikan manfaat air hujan saja, tetapi juga dilaksanakan kegiatan lain yang lebih luas skalanya.

“Di bulan November kami rutin selama 3 tahun belakangan ini menggelar Sholawat Air Hujan di desa Karangwinongan, Mojoagung Jombang. Beberapa seniman luar negeri pernah hadir dan tampil pada festival ini,” ujar Purwanto.

Dari air hujan, komunitas Air Kita juga menghasilkan batik dengan pewarnaan indigo yang bersumber pada pemanfaatan tumbuhan alam.

“Semoga dalam waktu dekat, kami bisa memasarkan batik-batik indigo dengan bahan pewarnaan alami tersebut ke pasaran luar negeri dan mancanegara, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat kami,” pungkas Purwanto.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Surabaya
Sabtu, 8 Agustus 2020
25o
Kurs