Rabu, 24 April 2024

Peduli Air Hujan Ajak Workshop Rainwater Harvesting

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Wawan Some aktivis lingkungan, Kamis (3/4/2014) menggelar workshop Rainwater Harvesting atau Panen Air Hujan, sebagai bagian kepedulian pada hujan sekaligus pengelolaan air hujan yang memang seharusnya dikenali para pelajar.

”Saat hujan turun, kita terbiasa untuk membiarkan dan tidak peduli. Padahal air hujan, sejatinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat sendiri, ketika musim berubah. Ini penting diperkenalkan pada anak-anak muda,” terang Wawan Some.

Rainwater Harvesting atau Panen Air Hujan, adalah sebuah istilah yang dimaknai sebagai kepedulian pada air hujan dengan satu diantaranya adalah mengumpulkannya melalui berbagai peralatan, termasuk menggunakan bak-bak penampungan air hujan.

Saat hujan turun, lanjut Wawan, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan melakukan penampungan. “Air hujan, dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Menyiram tanaman, atau untuk flushing toilet,” kata Wawan pada suarasurabaya.net.

Oleh karena itu, Kamis (3/4/2014) Wawan Some mengajak siswa-siswi SMPN 4 Surabaya mengikuti workshop rainwater harvesting, agar sejak dini siswa memahami perlunya mengelola air hujan.

Supriatin Purnamaningtyas pembina ekstra kurikuler green school, membenarkan bahwa workshop rainwater harvesting diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pemahaman baru terkait dengan pengelolaan air hujan.

“Kalau sejak dini para siswa diberikan pemahaman terkait pengelolaan air hujan, maka dimasa mendatang mereka dapat memanfaatkan dan mengelola air hujan ditengah makin pendeknya musim hujan. Kegiatan ini sangat bermanfaat,” tegas Tyas pada suarasurabaya.net, Kamis (3/4/2014).(tok)

Foto: rainy.blogspot.com

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs