Jumat, 19 April 2024

Khofifah Serahkan Bantuan Ventilator ke Tiga RS di Madura

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyerahkan dua ventilator kepada RSUD Sampang, Senin (14/9/2020). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyerahkan masing-masing dua ventilator kepada tiga Rumah Sakit Rujukan di Madura. Antara lain RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan, RSUD Sampang, dan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Senin (14/9/2020).

Penyerahan ventilator untuk ketiga RS di Madura itu berlangsung di Kantor Bakorwil Pamekasan, Madura. Pemprov tidak memberikan bantuan kepada RSUD Pamekasan karena jumlah ventilator yang tersedia di sana masih mencukupi.

Selain ventilator, Khofifah juga menyerahkan bantuan 8.000 masker kepada Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH). Masker itu juga diserahkan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Tagana.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan BUMDes.

Sekadar diketahui, bantuan ventilator itu berasal dari Kementerian Kesehatan. Ada 210 ventilator dari Kemenkes yang diberikan bertahap.

Insya Allah, seminggu ini setiap hari kami akan mendistribusikan ventilator ke kabupaten/kota yang paling membutuhkan sesuai permohonan,” ujarnya.

Bantuan ventilator dari Kemenkes itu, kata Khofifah, bagian dari upaya memaksimalkan pelayanan kuratif bagi pasien Covid-19.

Dengan adanya bantuan ventilator ini Khofifah berharap tingkat kesembuhan Covid-19 di Jatim semakin meningkat. Sebaliknya, dia juga berharap tingkat kematian akibat Covid-19 bisa semakin ditekan.

Soal bantuan 8.000 masker kepada Korkab PKH, TKSK, dan Tagana, serta pendamping desa menurut Khofifah adalah bagian komprehensif bagi semua pihak untuk saling mengingatkan soal penerapan protokol kesehatan terutama pemakaian masker.

Dia mengajak semua pihak terus memberikan edukasi kepada masyarakat soal pentingnya penggunaan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan di tengah pandemi Covid-19.

“Pembagian masker bagi para pendamping desa, PKH, TKSK dan Tagana ini yang kedua kalinya. Pertama saat Rakor beberapa waktu lalu, dan sekarang ini untuk melapisi,” pesannya.

Adapun soal pembagian BLT Dana Desa, Khofifah berharap itu akan menjadi pemenuhan dari kesejahteraan masyarakat desa.

Sesuai pesan Jokowi Presiden, Khofifah meminta agar pendistribusian BLT Dana Desa ini tidak hanya terkirim tapi juga diterima dengan baik oleh masyarakat yang berhak.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs