Rabu, 25 November 2020

Kolaboriasi Tokopedia-Pemprov untuk Jatim Fair Virtual 2020 Dorong Transformasi Digital UMKM

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jatim Fair Virtual 2020. Foto: Istimewa

Tokopedia bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Jatim Fair Virtual 2020 secara eksklusif di Tokopedia pada 22-26 Oktober 2020. Antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Digelar pertama kali secara online, Jatim Fair Virtual 2020 diklaim meraih sejumlah kesuksesan. Salah satunya, kampanye virtual di Tokopedia selama 5 hari acara hampir 100 ribu kali dikunjungi oleh pengguna.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bilang, selain jadi puncak perayaan HUT Ke-75 Provinsi Jatim 12 Oktober lalu Jatim Fair Virtual 2020 bertujuan untuk memajukan daya saing produk UMKM yang dipamerkan.

“Dengan menggandeng Tokopedia sebagai mitra eksklusif Pemprov Jatim, Jatim Fair 2020 juga diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi Jawa Timur yang terdampak pandemi,” katanya.

Ada lebih dari 300 pelaku usaha dari berbagai industri yang mengikuti lima hari Jatim Fair Virtual 2020. Mereka di antaranya terdiri dari usaha kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan masih banyak lainnya.

Selama pelaksanaan Jatim Fair Virtual 2020 sebanyak 80 persen kegiatan pameran digelar secara virtual.

Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia bilang, adalah kehormatan bagi Tokopedia telah diajak berkolaborasi oleh Pemprov Jatim untuk pertama kalinya Jatim Fair Virtual 2020.

“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha terutama UMKM di Indonesia sekaligus berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Melalui Jatim Fair Virtual 2020, Tokopedia dan Pemprov Jatim memberikan panggung sebesar-besarnya bagi masyarakat terutama generasi milenial yang berani memulai usaha, bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda.

Angela Vincentia Setiadi salah satunya. Pemilik usaha All Day Bakes itu memanfaatkan kanal digital Tokopedia untuk meningkatkan penjualan rotinya di tengah pandemi.

“Pandemi mendorong saya menciptakan peluang bisnis daring. Platform digital Tokopedia sangat membantu saya menjangkau lebih banyak masyarakat tanpa harus keluar rumah,” katanya.

Sejak bergabung dengan Tokopedia pada Juli 2020, penjualan All Day Bakes di Tokopedia telah mencapai lebih dari 300 produk.

Apalagi, di Jatim Fair Virtual 2020 sejumlah webinar dan talk show digelar menghadirkan pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Talk show Pemberdayaan Perempuan di Masa Pandemi misalnya.

Mengusung tema “Perempuan Penggerak Ekonomi Indonesia” talkshow daring itu menghadirkan Arumi Bachsin Ketua Dekranasda Jawa Timur di acara yang digelar lewat Tokopedia Play pada 22 Oktober lalu. (den/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
28o
Kurs