Senin, 30 Januari 2023

Komnas HAM Bantah Menemukan Rumah Penyiksaan Kasus 6 Laskar FPI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Choirul Anam Ketua tim penyelidikan penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Senin (28/12/2020). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Komnas HAM membantah adanya penemuan rumah penyiksaan 6 laskar FPI. Informasi tentang rumah yang diduga sebagai tempat penyiksaan tersebut tidak benar.

Hal ini disampaikan Choirul Anam Ketua tim penyelidikan penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Senin (28/12/2020).

“Saya pastikan bahwa itu tidak benar. Komnas HAM tidak pernah menemukan rumah untuk tempat penyiksaan tersebut,” ujar Anam.

Kata Anam, sampai saat ini Komnas HAM masih terus melakukan penyelidikan terhadap penembakan 6 laskar FPI. Kalau ada pemberitaan terkait rumah tempat penyiksaan 6 laskar FPI itu adalah hoaks.

“Kami masih melakukan penyelidikan. Dan kami masih dalam proses mendetailkan kronologi peristiwa. Jadi kami pastikan kalau Komnas HAM tidak pernah menyampaikan statement soal rumah pemyiksaan,” tegasnya.

Menurut Anam, kalau ada yang memberitakan soal adanya rumah penyiksaan 6 laskar FPI itu bukan dari Komnas HAM.

“Kalau ada yang memberitakan itu, jelas bukan dari kami. Silakan tanya kembali sama yang memberitakan,” pungkas Anam.(faz/tin)

Berita Terkait