Jumat, 29 Maret 2024

Korlantas Polri Luncurkan Bantuan Sopir Angkutan Terdampak Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Angkutan umum Lyn di Terminal Joyoboyo Surabaya pada Senin, (9/3/2020). Foto : Totok suarasurabaya.net

Korlantas Polri bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberi bantuan senilai Rp600 ribu per bulan kepada sopir angkutan umum terdampak Covid-19. Khusus di Jatim didistribukan ke 29.166 orang penerima.

Kombes Pol Budi Indra Dermawan Dirlantas Polda Jatim mengungkapkan, di seluruh Indonesia jumlah penerima bantuan sebanyak 197 ribu pengemudi sedangkan di Jawa Timur ada 29.166 orang.

“Bantuan tersebut berbentuk uang elektronik atau e-money selama tiga bulan yang bisa dimanfaatkan untuk membeli sembako atau tarik tunai di ATM. Penerimanya bisa sopir bus, taksi, ojek pangkalan, maupun tukang becak,” kata Kombes Budi, Rabu (15/4/2020).

Dia menjelaskan sebelum menerima bantuan, calon penerima harus mengikuti pelatihan yang telah ditetapkan baik itu protokol pencegahan Covid-19, safety driving hingga safety riding.

“Latihan pertama bulan ini edukasi tentang Covid-19, bulan kedua edukasi keselamatan, bulan ketiga safety riding dan latihan dasar Bahasa Inggris,” ujarnya.

Terkait mekanisme pelatihan, Budi mengatakan akan dilaksanakan di masing-masing Polres Kabupaten/Kota dengan tetap mengedepankan physical distancing.

Untuk tahap pertama pemberian bantuan diberikan pada 15 April hingga 15 Mei. Tahap kedua pada 16 Mei hingga 15 Juni 2020 dan tahap ke tiga 16 Juni hingga 15 Juli 2020.

Sementara itu I Wayan Supartha Wakil Pimpinan Wilayah Kanwil BRI Surabaya menambahkan, BRI sebagai pelayanan di lapangan menyalurkan melalui rekening BRITAMA yang terdaftar di Ditlantas Polda Jatim.

“Nantinya sesuai data, kami akan verifikasi. Dana ini untuk membantu si penerima yang terkena Covid-19, kehilangan pekerjaan, maupun penghasilan yang berkurang. Kami hanya sebagai penyalur,” ujarnya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs