Kamis, 25 April 2024

Kunjungan Intensif Menkes ke Surabaya Tekankan Penanganan Covid-19 Secara Bersama-sama

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rapat intensif Terawan Menkes dengan Kadinkes dan Sekdaprov Jatim di Kantor Dinkes Jatim, Surabaya, Minggu (12/7/2020). Foto: IG @dr. makhyanjibril

Dr Muhammad Budi Hidayat Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan mengatakan, Menteri Kesehatan menekankan penanganan Covid-19 di Jatim secara bersama-sama.

Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan sejak Sabtu (11/7/2020) malam kemarin, setelah berkunjung ke Semarang, melakukan kunjungan intensif ke Surabaya untuk memantau penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

Minggu (12/7/2020) pagi, Menkes sempat menggelar rapat secara intensif bersama Herlin Ferliana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Heru Tjahjono Sekda Jatim, sebelum melakukan peninjauan di RS Lapangan Jalan Indrapura.

“Pak Menkes mengarahkan agar Pemprov Jatim mengondisikan untuk menangani Covid-19 bersama-sama. Pemerintah pusat akan mem-back up pol (penuh, red),” ujar mantan Kepala KKP Kelas I Surabaya itu kepada suarasurabaya.net, Minggu malam.

Alasan utama kunjungan intensif Menkes ke Surabaya, kata Budi, karena angka kasus penularan Covid-19 di Jawa Timur masih tinggi, yang mana berdasarkan data Kemenkes yang diumumkan setiap harinya, sudah berada di atas angka DKI Jakarta.

Kunjungan intensif Menkes ke Surabaya sejak Sabtu itu, Budi membenarkan, adalah perintah Joko Widodo Presiden yang pernah memberikan tenggat waktu dua minggu kepada Pemprov Jatim agar menurunkan laju pertambahan kasus Covid-19 di Jatim.

“Hari ini Pak Menkes sudah kembali ke Jakarta, tapi staf Pak Menkes masih ada di Surabaya,” ujarnya. Dia tidak menjelaskan, apakah keberadaan staf Menkes memang dikhususkan untuk mengawal hasil diskusi tersebut atau untuk tugas lainnya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs