Sabtu, 27 April 2024

Ngabubur-IT Pembelajaran Daring, Sekaligus Mengisi Ramadan di Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ngabubur-IT sebuah proses pembelajaran daring sekaligus mengisi Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Foto: Humas Unnar

Ngabubur-IT dihadirkan Universitas Narotama (Unnar) Surabaya bukan sekadar mengisi Ramadan di pandemi Covid-19, sekaligus pembelajaran secara daring di masa depan.

Mengisi kegiatan Ramadan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama (Unnar) Surabaya hadirkan beberapa kegiatan sociopreneur yang juga berkaitan dengan mata kuliah Kewirausahaan.

Satu diantara kegiatan yang digelar adalah Ngabubur-IT dengan topik: Jembatan Menjadi Programmer. Kegiatan ini dilakukan melalui pola daring melalui channel aplikasi meet Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama.

Ngabubur-IT tersebut dibuka Aryo Nugroho, ST. S.Kom. MT, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama, dan sebagai pemateri Rizki Hidayat mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama, yang menghadirkan materi: Jembatan Menjadi Programmer.

Rizki memaparkan pengalamannya sejak mahasiswa hingga kemudian menjadi programmer sembari menuntaskan kuliahnya. Mulai dari mencari bahan belajar hingga aktif mengikuti berbagai acara berkelas nasional dan internasional seperti Apple Developer Academy, Google Developer Academy dan yang lainnya.

Acara yang juga disiarkan secara streaming di Youtube tersebut, dengan peserta terdaftar mencapai hampir 100 orang dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Peserta secara keseluruhan dapat melakukan tanya jawab melalui fitur chat di aplikasi meet dan live chat di Youtube saat acara digelar.

Acara Ngabubur-IT yang digelar Universitas Narotama (Unnar) Surabaya tersebut juga dihadiri Whisnu Sakti Buana Wakil Walikota Surabaya. Menurut Whisnu, mahasiswa dan masyarakat jangan berhenti belajar dan mengasah kreatifitas meski di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini, ketika zaman sudah semakin canggih, belajar dapat dilakukan dimana saja dan dengan cara apa saja. Kegiatan semacam ini sangat menarik. Kegiatan daring di tengah pandemi Covid-19 ini, patut jadi contoh mahasiswa atau masyarakat lainnya,” tegas Whisnu.

Sementara itu, ditambahkan Aryo Nugroho, ST. S.Kom. MT, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama, bahwa kegiatan serupa nantinya akan digelar lagi dengan tema dan pemateri yang berbeda serta kajian yang berbeda selama bulan Ramadan dan di tengah pandemi Covid-19.

“Melihat antusiasme peserta Ngabubur-IT yang sudah kami gelar, sepertinya akan ada kegiatan sejenis yang akan kami gelar kembali sebagai bagian mengisi Ramadan serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berani menyampaikan ide dan pemikiran-pemikirannya tentang apapun, utamanya yang berkaitan dengan perkuliahan. Ini menarik dan menjadi landasan pembelajaran secara daring di masa mendatang,” pungkas Aryo Nugroho, Selasa (5/5/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs