Rabu, 6 Juli 2022

Pandemi COVID-19, Francophonie 2020 Ditunda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Adanya pandemi COVID-19 atau virus Corona di sejumlah negara di dunia, pelaksanaan acara tahunan Francophonie 2020 di Kota Surabaya ditunda, sekaligus atas instruksi resmi Kedutaan Prancis di Jakarta.

Dalam surat resminya, kepada suarasurabaya.net, Jumat (13/3/2020) pihak Kedutaan Besar Prancis di Jakarta menyatakan dengan berat hati menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang seharusnya digelar di Kota Surabaya, harus ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Rangkaian acara yang seharusnya digelar dalam rangkaian kegiatan ini diantaranya lomba dikte, kuis, workshop kreatif, pemberian ijazah DELF serta pemutaran film. Francophonie sendiri merupakan kegiatan seni dan kebudayaan yang digelar oleh sejumlah negara pengguna Bahasa Prancis diseluruh belahan dunia.

Atas penundaan rangkaian acara pada Francophonie 2020 di Kota Surabaya, pihak IFI Surabaya memohon maaf.

Sedangkan untuk rencana pementasan atau pagelaran seni bunyi Unen-unen Ambyar, Sabtu (14/3/2020) di kompleks AJBS Surabaya dipastikan tetap dilaksanakan dan digelar.

“Pementasan Unen-unen Ambyar dipindahkan di AJBS Creative World Kompleks Surabaya,” kata Pramenda Krishna Penanggung Jawab Budaya & Komunikasi IFI Surabaya, Jumat (13/3/2020).

Sementara itu disampaikan Riyanka koordinator pementasan Unen-unen Ambyar, bahwa pihaknya bersama dengan calon penampil dari sjeumlah kota di Jawa Timur sudah mempersiapkan diri untuk tampil di pagelaran tersebut.

“Kami sudah mempersiapkan diri. Kawan-kawan dari luar kota juga sudah siap untuk tampil. Semoga acara berlangsung lancar dan sesuai harapan kita semua,” tegas Riyanka, Jumat (13/3/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
28o
Kurs