Kamis, 29 Oktober 2020

Di Surabaya, Unen-unen Ambyar Hidangkan Musik Kelas Dunia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara sound and light karya kelompok Waftlab asal Surabaya yang juga akan mengisi Unen-unen Ambyar. Foto: Istimewa

Penampilan pentas sound and light dalam Unen-unen Ambyar, Sabtu (14/3/2020) menghadirkan musik kelas dunia yang dimainkan sejumlah kelompok asal Jawa Timur.

Unen-unen Ambyar dijadwalkan Sabtu (14/3/2020) menyuguhkan musik-musik atau sound and light kelas dunia yang dimainkan sejumlah seniman muda dari kota-kota di Surabaya, Malang, Tulungangung, Ponorogo dan beberapa kota lain di Jawa Timur.

“Mohon untuk tidak mengartikan musik yang kami mainkan atau tampilkan adalah musik-musik yang diperdengarkan lewat radio, compact disc atau semacamnya. Musik yang kami hadirkan adalah sound yang barangkali memang jarang ada di keseharian masyarakat. Tetapi tidak ada salahnya kalau hadir dan menyaksikan sendiri bagaimana Unen-unen Ambyar dimainkan,” terang Riyanka koordinator Unen-unen Ambyar.

Selain kelompok Waftlab, sejumlah kelompok lain asal Kota Malang, Tulungagung dan Kediri serta Ponorogo juga hadir. “Mereka memang tidak banyak dibicarakan di Indonesia. Tetapi mereka ini kelompok yang memainkan sound serta ide yang sudah mendunia. Kelompok-kelompok ini cukup dikenal di manca negara,” tambah Riyanka.

Bagaimana kelompok-kelompok musik atau kelompok penghasil bunyi yang tidak dikenal di Surabaya, atau Indonesia justru sangat dikamgumi di luar negeri bis amenembus manca negara, menurut Riyanka karena sound atau musik yang dihasilkan melewati batasan-batasan pemisah seperti batas negara, atau kebangsaan.

“Dari jaringan internasional itu kemudian muncul festival-festival tingkat dunia yang awalnya digelar secara sederhana menjadi sebuah festival yang besar serta masiv dihadiri ribuan penonton. Dan melalui jaringan-jaringan itulah kemudian kelompok-kelompok asal Ponorogo, Malang dan Surabaya sendiri kemudian dikenal dan semakin mendunia. Karena itu kami juga ingin menyampaikan ini kepada masyarakat,” kata Riyanka, Jumat (13/3/2020).

Oleh karena itu, Riyanka mengundang segenap anak muda, masyarakat luas untuk hadir di kompleks AJBS Surabaya pada Sabtu (14/3/2020) untuk bersama-sama menikmati sound and light berkelas dunia yang dipentaskan di Unen-unen Ambyar.

Ditemui di tengah-tengah persiapan pementasan di kompleks AJBS Surabaya, Riyanka mengingatkan bahwa penampilan musik mereka nantinya dipastikan berbeda dengan penampilan kelompok musik biasa. “Lebih baik besok Sabtu (14/3/2020) langsung hadir saja. Gratis kok. Bayar parkir saja,” pungkas Riyanka diringi tawa.(tok/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
28o
Kurs