Jumat, 29 Maret 2024

Pasien Sembuh di Jatim Lebih Banyak dari Kasus Baru Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto : Istimewa

Pasien sembuh di Jatim lebih banyak dari pasien positif Covid-19 pada Jumat (5/6/2020). Ada 154 orang terjangkit Covid-19 yang sembuh, sedangkan kasus baru hanya 134 orang.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dalam konferensi pers di Grahadi menyampaikan harapannya. Supaya lebih banyak pasien yang sembuh dan yang meninggal bisa semakin ditekan.

“Hari ini, kita bersyukur, ada 154 orang yang sembuh. Mudah-mudahan yang sembuh makin banyak, yang meninggal terus turun. Bahkan harapan kami sampai nol angka kematian,” ujar Khofifah.

Adapun pasien yang sembuh itu, 132 orang di antaranya pasien Covid-19 dari Kota Surabaya, 5 orang dari Ponorogo, lalu masing-masing tiga orang dari Kota Probolinggo dan Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, masing-masing ada dua orang sembuh dari Kabupaten Kediri, Gresik, Lamongan, dan Kota Malang. Sisanya, masing-masing satu orang berasal dari Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Lumajang.

Dengan adanya tambahan 154 pasien yang sembuh, total pasien Covid-19 sembuh di Jatim menjadi 1.361 orang. Jumlah ini setara 24,54 persen dari total kasus terjangkit Covid-19 sebanyak 5.547 kasus.

Sementara, dari 134 tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jatim, sebagian besar di antaranya, sebanyak 52 orang, berasal dari Surabaya. Lalu ada 16 orang dari Kabupaten Jombang.

Selain itu ada 13 orang terkonfirmasi positif dari Kabupaten Pasuruan, 9 orang dari Sidoarjo, 7 orang dari Kabupaten Jember, 6 orang dari Kota Malang, dan 4 orang masing-masing dari Gresik dan Bangkalan.

Situbondo juga menyumbang tiga kasus baru. Masing-masing dua orang dari Kota Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Mojokerto. Lalu masing-masing satu pasien dari Kabupaten Kediri, Pamekasan, Trenggalek, Banyuwangi, Kota Mojokerto, Bojonegoro, dan Kota Kediri.

Dari total tambahan kasus itu, ada 16 orang yang masih dalam konfirmasi.

Data Gugus Tugas Covid-19 di Jatim menunjukkan, sampai saat ini masih ada 3.689 orang dari total 5.547 orang terjangkit Covid-19 yang masih menjalani perawatan. Baik di rumah sakit, di gedung, atau isolasi mandiri di rumah.

Khofifah juga mengungkapkan adanya tambahan 16 pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Total pasien positif Covid-19 yang meninggal menjadi 462 orang atau setara 8,3 persen.

Rinciannya, delapan pasien meninggal dari Surabaya, masing-masing dua orang dari Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, serta masing-masing satu orang dari Kabupaten Kediri, Pamekasan, Lamongan, dan Bojonegoro.

Adapun Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Jatim menjadi 7.111 orang. Yang masih diawasi 3.356 pasien (47,19 persen). Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) menjadi 25.294 orang. Yang masih dalam pantauan sebanyak 3.939 orang atau 15,57 persen.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs