Kamis, 18 April 2024

Pelindo III Adakan 50 Ribu Rapid Test Gratis, Masyarakat Antusias

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Rapid test massal gratis yang diadakan PT Pelindo III di Terminal Roro, Tanjung Perak Surabaya pada Sabtu (13/6/2020) pagi. Foto: Humas Pelindo III Regional Jatim

PT Pelindo III mengadakan program 50 ribu rapid test gratis kepada masyarakat di berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk warga di wilayah Surabaya. Begitu juga tes massal yang digelar dua hari ini, 12-13 Juni di Terminal Roro (Surabaya Veem), Tanjung Perak Surabaya, disambut antusias oleh masyarakat.

Dalam program ini, Pelindo III menyediakan kuota 2.000 alat rapid test di setiap lokasi di berbagai lokasi tes yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur, begitu juga di Terminal Roro. Meski ada batasan kuota, pihaknya mengaku siap untuk menambah alat rapid test jika memang jumlah masyarakat yang datang membludak.

Masyarakat antusias mengikuti rapid test massal di Terminal Roro, Tanjung Perak Surabaya pada Sabtu (13/6/2020) pagi . Foto: Humas Pelindo III Regional Jatim

Onny Djayus CEO PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengatakan, rapid test massal ini terbuka bagi siapa pun baik warga Surabaya maupun luar Surabaya. Caranya hanya menunjukkan KTP yang berlaku.

Bahkan, lanjutnya, bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin mengikuti rapid test juga dipersilakan, asalkan menunjukkan paspor dan memberi keterangan soal tujuan dan tempat tinggalnya saat ini.

Terbukti, di hari kedua pelaksaan rapid test pada Sabtu (13/6/2020) hari ini, ratusan orang sudah memadati antrean di Terminal Roro (Surabaya Veem), Tanjung Perak Surabaya.

“Ini Tanjung Perak tinggal 400, ditambah 600 lagi maka ada 1.000 lagi. Tidak menutup kemungkinan kalau ada tambahan akan kita tambah,” kata Onny Djayus kepada Wismanti penyiar Radio Suara Surabaya, saat ditemui Sabtu pagi.

Onny Djayus CEO PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur. Foto: Humas Pelindo III Regional Jatim

Tes massal ini juga dilakukan di beberapa daerah seperti Banyuwangi, Situbondo, Pamekasan, Sampang, Gresik dan beberapa daerah lain.  Onny mengatakan, sementara ini target 50 ribu rapid test masih jauh terpenuhi.

Seperti halnya tes yang diadakan di Gedung PBK, Kantor Pelindo III Cabang Gresik pada Jumat (12/6/2020) kemarin saja, lanjutnya, hanya 556 orang yang datang untuk bersedia melakukan tes.

“Ada beberapa kuota yang kami sediakan tapi tidak terpenuhi. Ini baru terjaring 13.960 kemarin, hari ini saya bersyukur rakyat sudah sangat sadar sehingga membludak,” tambahnya.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat dengan kesadaran diri mau melakukan tes, terutama rapid test massal yang diadakan gratis oleh pemerintah atau berbagai lembaga.

Ia mengaku, pihaknya juga mengajak para RT/RT, perkumpulan pemuda di kampung-kampung, untuk mengajak warganya melakukan rapid test ini.

“Saya sendiri yang menghubungi kepala dinas, kampung, pemuda masyarakat, monggo ada rapid test gratis. Jangan takut, lebih takut kalau tidak kita rapid test, karena ini barang (virus) yang tidak bisa terlihat,” ujarnya.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs