Selasa, 24 November 2020

Pemprov Jatim Benarkan Cak Nur Meninggal karena Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama Nur Ahmad Syarifuddin Plt Bupati Sidoarjo pada Selasa (14/1/2020). Foto : Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membenarkan, Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo meninggal karena terjangkit Covid-19 setelah mengkonfirmasi pihak RSUD Sidoarjo juga Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.

Dr Joni Wahyuhadi Direktur Utama RSUD Surabaya sekaligus Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Covid-19 menyatakan, dia telah menghubungi Direktur Utama RSUD Sidoarjo dan Kepala Dinkes Sidoarjo.

“Beliau meninggal akibat positif terinfeksi Covid-19,” ujarnya dalam keterangan resmi Pemprov Jatim, Sabtu (22/8/2020) petang.

Cak Nur panggilan akrab Wakil Bupati Sidoarjo itu dinyatakan meninggal Sabtu (22/8/2020) sore pukul 15.30 WIB setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Sidoarjo. Cak Nur akan dimakamkan dengan prosedur dan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyatakan, dia mengenal Cak Nur sebagai Bupati yang pekerja keras, terutama dalam menangani Covid-19. Koordinasi intensif sering dia lakukan dengan Cak Nur.

Terinfeksinya pria yang menggantikan posisi Syaiful Illah Bupati sebelumnya adalah bukti kerja kerasnya untuk membuat masyarakat Sidoarjo terbebas dari Covid-19.

Sekadar mengingatkan, Cak Nur resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo pada Selasa 14 Januari 2020 lalu, setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penunjukan dirinya sebagai Plt Bupati Sidoarjo itu untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Sidoarjo setelah bupati sebelumnya, Syaiful Illah, diciduk KPK karena kasus korupsi.

Setelah ini, Khofifah menunjuk Achmad Zaini Sekretaris Daerah Pemkab Sidoarjo sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sidoarjo. Lalu Khofifah akan mengajukan tiga nama ke Mendagri untuk mengisi jabatan pengganti Kepala Daerah Sidoarjo.(den/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Surabaya
Selasa, 24 November 2020
32o
Kurs