Rabu, 6 Juli 2022

Pengendara Roda Dua Belum Patuh Aturan PSBB Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pengecekan pengendara roda dua dan roda empat di depan Cito Bundaran Waru, Selasa (28/4/2020) sekitar pukul 06.00 WIB. Foto : Abidin suarasurabaya.net

Pengendara roda dua mendominasi kendaraan yang masuk Kota Surabaya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari pertama, Selasa (28/4/2020).

Masih banyak pengendara di luar pelat L dan W dihentikan petugas di Ceck Point Bundaran Waru. Masih ada pula pengendara yang berboncengan tapi bukan keluarga. Pengendara yang tidak mengenakan masker, juga masih saja ada.

Bagi para pengendara yang belum patuh PSBB ini, petugas masih sedikit memberikan toleransi karena masih di hari pertama.

“Mungkin karena pengendara roda dua belum banyak menerima informasi tentang Perwali 16 tahun 2020 tentang PSBB. Kami masih sedikit mentolelir kalau memang tidak tahu,” ujar Irvan Wahyudrajat Kadishub Surabaya di lokasi.

Namun, kata Irvan, kalau besok di hari kedua kok masih ada yang tidak patuh akan dikenakan sanksi yang lebih tegas. “Tidak sekadar diminta balik arah tapi juga ada sanksi teguran yang lebih keras,” ujarnya.

Masih banyaknya pengendara roda dua yang tidak patuh dan harus melewati lebih lama pemeriksaan baik dokumen maupun interogasi singkat, maka kepadatan antrean mengular di Bundaran Waru.

“Mungkin besok akan kami evaluasi rekayasa lalu lintasnya. Mungkin bagi kendaraan selain berplat L dan W akan dimasukkan ke frontage untuk pemeriksaan. Lalu, yang L dan W bisa langsung lancar asalkan bermasker dan tidak berboncengan,” katanya.

Pantauan suarasurabaya.net, hingga pukul 7.50 WIB kepadatan antrean kendaraan saat pemeriksaan di Bundaran Waru masih terjadi.

Jalan Ahmad Yani Surabaya dari arah sebaliknya Surabaya menuju Sidoarjo yang akan masuk Bundaran Waru juga mengalami kepadatan. (bid/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs