Senin, 19 April 2021

PENS Pamerkan Hasil Kolaborasi Inovasi di Peringatan Hari Pahlawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dr. Zainal Arief Direktur PENS (baju hitam) jajal hasil kolaborasi inovasi. Foto: humas PENS

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020, Selasa (10/11/2020) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ditandai peluncuran sejumlah hasil kolaborasi inovasi PENS dengan berbagai Industri.

Peluncuran itu digelar secara daring setelah menggelar upacara Hari Pahlawan yang diselenggarakan secara online. Tajuk acaranya: Pahlawan Inovasi. Dihadiri Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dr. Zainal Arief, Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menyampaikan bahwa peluncuran produk inovasi kali ini merupakan satu diantara rangkaian dan keharusan Politeknik untuk memiliki jejaring dengan berbagai Industri agar ada Link and Match apa yang telah diberikan selama proses pendidikan di Politeknik dengan apa yang dibutuhkan Industri.

“Berbagai macam bentuk kegiatan dengan Industri diantaranya mencarikan tempat magang untuk para Mahasiswa, membuat komitmen dengan Industri agar melakukan rekrutmen untuk Alumni khususnya Alumni PENS. Sehingga, memberikan kesempatan para lulusan mendapatkan pekerjaan. Selanjutnya, kolaborasi dalam bentuk penyusunan kurikulum, mengundang praktisi Industri untuk bersama-sama membahas kurikulum yang dibutuhkan oleh Industri yang nantinya akan bisa kita implementasikan pada kurikulum Politeknik,” terang Dr. Zainal Arief.

Dalam momen di Hari Pahlawan 10 November, semangat dan pantang menyerah para Pahlawan yang menjadikan motivasi untuk menghasilkan produk inovasi. “Bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan khususnya di Surabaya. Dengan kegigihannya, semangat dan pantang menyerah melawan tentara penjajah. Kita wujudkan semangat ini untuk berkolaborasi dan berinovasi menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat,” tambah Zainal.

Kewajiban pendidikan tinggi vokasi khususnya Politeknik, selain memberikan pembelajaran juga memberikan output produk-produk yang fungsional, membumi dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Sangat perlu untuk berkolaborasi dengan UKM, Industri dan Instansi.

Diharapkan, lanjut Zainal bersama-sama nantinya menghasilkan satu inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan Industri. “Ke depannya kami akan terus melakukan perbaikan dan evaluasi agar produk-produk ini dapat diproduksi secara masal. Hal inilah yang kita gagas dan selalu kami kembangkan untuk melakukan kolaborasi baik dengan UKM, Industri dan Institusi,” pungkas Zainal, Selasa (10/11/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs