Jumat, 26 April 2024

Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI Wellington Dibatasi 100 Orang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington menyelenggarakan upacara bendera dan syukuran Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Foto : KBRI Wellington

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington menyelenggarakan upacara bendera dan syukuran Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020) dengan mengikuti protokol ketat pemerintahan Selandia Baru di masa Pandemi Covid-19.

Sesuai dengan aturan Level 2, pembatasan untuk 100 peserta yang mengikuti jalannya acara dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan melakukan contact tracing.

Peringatan HUT RI diawali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman parkir kedutaan. Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, selaku Inspektur Upacara, memimpin jalannya upacara.

Cuaca begitu cerah dan tidak berangin membuat para peserta menjalani upacara dengan begitu khidmat dan khusyuk.

“Baru kali ini selama 25 tahun upacara bendera dapat dilaksanakan dibawah siraman matahari. Biasanya dingin dan berakhir karena Agustus di Selandia Baru masih musim dingin” jelas Budi S Putra, staff lokal KBRI yang telah mengabdi hampir 25 tahun.

Upacara dan Tasyakuran kali ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube KBRI Wellington guna memfasilitasi warga Negara Indonesia yang tidak dapat hadir karena aturan batas kumpul 100 orang.

Tantowi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Indonesia yang datang dari Wellington dan kota-kota lain yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri kegiatan di hari kerja dan ditengah pandemi Covid-19.

Disamping dihadiri warga, peringatan kali ini juga dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat Selandia Baru dan juga penduduk asli, Maori. Dubes Tantowi menyampaikan perayaan HUT Kemerdekaan ini juga dijadikan momentum untuk mempererat persahabatan.

KBRI Wellington merupakan salah satu dari sedikit perwakilan RI di Luar Negeri yang bisa melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ditengah kondisi pandemi.

Peringatan HUT RI kali ini meski sederhana namun tetap terasa istimewa, di antaranya dengan kehadiran gapura di pintu halaman parkir KBRI. Kehadiran gapura yang menarik perhatian warga sekitarnya ini mengingatkan suasana perayaan 17 Agustus di Tanah Air.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs