Selasa, 25 Januari 2022

Permintaan Plasma Konvalesen Terus Meningkat, PMI Surabaya Berharap Adanya Pendonor

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Salah satu penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen di PMI Surabaya beberapa waktu yang lalu. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ditegaskan dr. Martono Adi Kabid Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, permintaan plasma konvalesen, Jumat (4/12/2020) terus meningkat.

“Beberapa kota lain di luar Surabaya juga membutuhkan. Secara detail berapa kebutuhannya kami belum catat. Tetapi trendnya memang terus meningkat. Kami beberapa kali sampai kehabisan stok plasma konvalesen,” terang dr. Martono Adi.

Sampai saat ini, lanjut Martono, kebutuhan masyarakat terkait plasma konvalesen memang mengalami peningkatan. Catatan PMI Surabaya, di awal bulan November ada permintaan plasma konvalesen tidak lebih dari 10 permintaan saja.

“Melonjak drastis sampai lebih 20 permintaan di pertengahan November dan terus meningkat sampek akhir November. Karena itu kami tetap butuh pendonor plasma konvalesen,” lanjut Martono pada Jumat (4/12/2020).

dr. Martono menyebut ada kekosongan plasma konvalesen pada golongan darah B dan O. Hingga menjelang pukul 14.00 belum ada pendonor plasma konvalesen untuk golongan darah tersebut.

Karena itu, PMI Surabaya dengan strategi jemput bola, terus berusaha untuk mendapatkan donor plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19, sebagai satu diantara upaya menjaga ketersediaan plasma konvalesen.

Selain didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Surabaya, menurut dr. Martono, PMI Surabaya juga mendistribusikan plasma konvalesen ke sejumlah rumah sakit di beberapa kota lain di Jawa Timur. (tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 25 Januari 2022
28o
Kurs