Kamis, 28 Maret 2024

Petra Peduli Anak Kos, Bagikan Makanan di Tengah Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Menyiapkan makanan untuk mahasiswa yang masih kos pada program Petra Peduli Anak Kos selama pandemi Covid-19. Foto: Humas UK Petra

Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Jumat (22/5/2020) gelar Petra Peduli Anak Kos di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan membagikan dan menyalurkan makanan bagi mahasiswa yang belum bisa kembali ke kampung halaman.

Bersama beberapa unit pendukung di bidang kemahasiswaan program Petra Peduli Anak Kos yang digelar memang membantu para mahasiswa dikarenakan kesulitan mencari tempat atau warung penjual makanan.

“Pada kondisi seperti ini, sejumlah mahasiswa yang masih kos di sekitar kampus mengalami kesulitan lantaran banyak warung atau tempat makan yang tutup selama pandemi Covid-19 dan PSBB. Selain itu progrma ini juga membantu mahasiswa yang terkendal kiriman dana dari masing-masing orang tua,” terang Hanjaya Siaputra S.E., M.A., Dosen Manajemen Perhotelan UK Petra Surabaya, Jumat (22/5/2020).

Petra Peduli Anak Kos memberikan bantuan berupa makanan, dua kali dalam sehari kepada sekitar 60 mahasiswa UK Petra Surabaya yang merupakan anak kos di sekitar kampus.

Setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu, tim Manajemen Perhotelan bersama dengan para relawan memasak khusus bagi para mahasiswa.

Sedangkan pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu, menggunakan vendor dari karyawan UK Petra yang memiliki usaha dibidang makanan, maupun vendor kantin UK Petra yang juga harus tutup karena tidak ada kegiatan di kampus.

Kandungan gizi, seperti karbohidrat, protein, sayuran tetap diperhatikan dalam setiap makanan yang dibagikan pada program Petra Peduli Anak Kos di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami dibantu relawan yang merupakan ibu-ibu karyawan UK Petra. Setiap harinya kami membatasi maksimal empat relawan yang bekerja, kami juga memperhatikan kebersihan dan keamanan dengan mengenakan kelengkapan seperti masker dan sarung tangan, untuk menjaga masakan tetap higenis,” ujar Hanjaya yang juga Koordinator Dapur Umum Petra Peduli Anak Kos.

Program pemberian bantuan makanan pada Petra Peduli Anak Kos ini pertamakali dilaksnakan pada Sabtu (9/5/2020). Dibantu tim Pusat Kerohanian UK Petra yang bertugas menyalurkan makanan ke masing-masing tempat kos para mahasiswa.

Terkait dengan pendanaan yang digunakan, Hanjaya menegaskan bahwa dana berasal dari anggaran Perayaan Paskah UK Petra, yang terpaksa tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini lantaran terjadi pandemi Covid-19.

Selain itu, pendanaan program Petra Peduli Anak Kos juga memanfaatkan donasi-donasi dari donatur yang telah menyalurkan dana dalam berbagai bentuk diantaranya berupa uang dan bahan-bahan makanan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian UK Petra Surabaya kepada mahasiswa, dan kami semua berharap semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi para mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pemicu kegiatan sosial dan berguna lainnya,” pungkas Hanjaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs